UKM PSKU, Unit Potensial Kembangkan Bidang Seni Tarik Suara

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Kampus Putih atau yang akrab disebut PSKU, merupakan salah satu unit organisasi intra di bawah naungan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, yang bergerak di bidang seni dan tarik suara.

Unit tersebut digagas oleh Fitria Masruroh bersama Rohemah, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) IAI Al-Khairat Pamekasan, serta secara resmi dibentuk dan dikukuhan oleh Presiden Mahasiswa (Presma), Mohammad Soleh di Auditorium Kampus di Jl. Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, 20 Oktober 2019 lalu.

“Gagasan pembentukan unit ini merupakan inisiasi kami bersama rekan-rekan mahasiswa, terlebih pada saat itu masih banyak mahasiswa yang justru belum bisa mengetahui tentang Mars IAI Al-Khairat, padahal mereka merupakan bagian dari keluarga besar kampus,” kata Fitria Masruroh, Deklarator yang juga menjabat sebagai Ketua UKM PSKU Pertama, Rabu (17/2/2021).

Selain itu, pihaknya menyampaikan keberadaan UKM PSKU juga sebagai salah satu instruksi Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, yang menginginkan agar unit yang sempat dipimpinnya dapat mensosialisasikan Mars IAI Al-Khairat Pamekasan.

“Jadi terbentuknya UKM ini merupakan perintah langsung dari Pak Rektor (Dr. Abdul Muin) bersama Warek III (Moh. Mahfud). Sehingga kami berinisiatif mengumpulkan teman-taman yang memiliki minat pada bidang seni dan tarik suara, mereka juga kami kumpulkan dari dari berbagai prodi dan fakultas berbeda untuk dijadikan anggota,” ungkapnya.

Dalam rangka mempertahankan dan menjaga eksistensi unit yang digagasnya, pihaknya juga melakukan musyawarah mufakat untuk mewujudkan cita-cita keberadaan UKM PSKU dengan menggagas visi misi dan tujuan dari unit baru di lingungan DEMA IAI Al-Khairat Pamekasan.

“Visi dari UKM PSKU ini yaitu sebagai unit terdepan untuk mempromosikan seni dan tarik suara khususnya di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan, tentunya sebagai bagian dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sementara untuk misi adalah mengembangkan anggota menjadi insan yang apresiatif, aspiratif, produktif, kreatif, serta peka terhadap perkembangan sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Untuk diketahui, sejak sekitar dua tahun dideklarasikan sebagai unit di lingkungan DEMA IAI Al-Khairat Pamekasan. terdapat dua nama yang hingga saat ini memimpin UKM PSKU sejak 2019. Masing-masing Fitria Masruroh (2019-2020) dan Imroatul Mabruroh (2020-2021).

Adapun jenis kegiatan dari unit tersebut terdiri dari beragam program berbeda, di antaranya Musyawarah Besar (Mubes), Dilat, Rekrutmen Anggota, Sosialisasi Program PSKU, serta beragam program lainnya. Sementara sumber anggaran dialokasikan dari dana kemahasiswaan, donator dan sumbangan yang halal dan tidak mengikat. [adm]