Info Kampus
Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat datang di IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa, silahkan klik pmb.alkhairat.ac.id
  • Selamat datang di IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa, silahkan klik pmb.alkhairat.ac.id

Mahasiswa Inisiasi Pembentukan KSR Unit Perguruan Tinggi

Selasa, 30 Mei 2023

Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani program penguatan pemahaman tentang kepalangmerahan di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, Jl. Raya Panglegur 2,5 Pamekasan, Selasa (30/5/2023).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menambah wawasan dan pengetahuan bidang sosial kemanusiaan, sekaligus dalam rangka membentuk Korp Sukarelawan (KSR) PMI Unit di Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl. Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Proses penguatan wawasan kepalangmerahan ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen dalam pengamalan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Sekaligus sebagai upaya dan cikal bakal membentuk KSR PMI Unit IAI Al-Khairat Pamekasan,” kata Inisiator KSR PMI Unit, Jailani.

Melalui program tersebut, pihaknya sangat berharap para peserta yang notabene mahasiswa dapat memahami konsep dasar tentang organisasi kemanusiaan. “Dari itu kami sangat berharap dalam beberapa waktu kedepan, upaya membentuk KSR Unit di IAI Al-Khairat Pamekasan, dapat terwujud, serta dapat menjadi wadah dan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang kemanusiaan” ungkapnya.

Sementara Sekretaris PMI Pamekasan, Hairul Saleh melalui Bidang SDM PMI Pamekasan, Khairul Rasyid mengapresiasi semangat mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan, yang memiliki inisiatif untuk mendirikan KSR Unit di lingkungan Perguruan Tinggi.

“Pertama, kami ingin mengapresiasi semangat adik-adik mahasiswa yang memiliki upaya dan komitmen untuk mengetahui seputar bidang sosial kemanusiaan. Termasuk juga upaya untuk mendirikan KRS Unit di IAI Al-Khairat Pamekasan,” kata Rasyid.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga berbagi wawasan kepalangmerahan bersama mahasiswa, meliputi kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama, pelayanan kesehatan, serta jenis pelayanan lainnya.

“Melalui kesempatan ini, kami juga menjabarkan tujuan dari adanya lembaga kemanusiaan ini. Di antaranya membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong,” jelasnya.

Dari itu pihaknya sangat berharap upaya tersebut dapat memotivasi mahasiswa untuk ikut serta dan berpartisipasi untuk membantu sesama dalam bidang kemanusiaan. “Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan adanya wadah sebagai bagian atau unit dari PMI Pamekasan,” harapnya.

Saat ini setidaknya terdapat tiga Perguruan Tinggi di Pamekasan, yang sudah memiliki kemitraan dengan PMI Pamekasan, khususnya KSR Unit Markas. Di antaranya IAIN Madura, Universitas Madura (UNIRA), dan Universitas Islam Madura (UIM). [hms/adm]

Ekskul Lainnya

Arsip

sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto Sekolahtoto Sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto situs togel Sekolahtoto Sekolahtoto SEKOLAHTOTO Sekolahtoto