CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PERBANKAN SYARIAH (PSY)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Visi, Misi, Tujuan dan Profil Lulusan

Visi
“Mencetak sarjana yang memiliki kemampuan dan kompetensi akademis, serta profesional dan berakhlaqul karimah dalam bidang perbankan dan lembaga keuangan non bank”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu, sistematis dan berbasis pesantren guna mencetak tenaga profesional di bidang pearbankan syariah dan lembaga keuangan non bank.
2. Mengembangkan kompetensi keilmuan dan kemampuan kewirausahaan bagi lulusan prodi Perbankan Syariah IAI Al-Khairat Pamekasan.
3. Membentuk kepribadian sarjana berkualitas, memiliki perilaku terpuji, rendah hati, berpikir dan berwawasan maju, serta memiliki semangat mengabdi bagi agama, bangsa dan negara.

Tujuan
1. Membentuk kepribadian manusia yang beriman dan bertaqwa, serta profesional, terampil dan disiplin di bidangnya. Sehingga dapat berperan aktif di masyarakat, pemerintah dan swasta.
2. Membentuk manusia susila yang cakap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya.
3. Mengembangkan, meningkatkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan dan keahlian dalam bidang keuangan dan perbankan syariah kepada masyarakat. Sehingga dapat memasukkan nilai-nilai keislaman, keimanan dalam berbagai aspek  kehidupan khususnya di bidang perekonomian.
4. Mewujudkan Sarjana S1 Perbankan Syariah yang memiliki bekal pengetahuan, skill dan profesional di bidang perbankan syariah dan lembaga keuangan non bank. Khususnya koperasi syariah/bmt sebagai soko guru ekonomi rakyat.

Deskripsi Profil Lulusan
1. Praktisi Perbankan dan Keuangan Syariah: pelaku operasional dan manajerial perbankan dan keuangan syariah yang jujur, amanah, inovatif dan profesional.
2. Asisten Konsultan Perbankan dan Keuangan Syariah: asisten konsultan yang mampu memberikan pendampingan mengenai konsep-konsep dasar (teori, hukum dan implementasi) serta permasalahan yang berkaitan dengan perbankan dan keuangan syariah.
3. Asisten Peneliti Bidang Perbankan dan Keuangan Syariah: pembantu (asisten) proses penelitian dasar dan terapan di bidang perbankan dan keuangan syariah.
4. Enterpreneurial Koperasi Syariah: melakukan pendampingan (advokasi) serta pelaku bisnis berbasis koperasi syariah, yakni satu desa satu BMT (SDSB).