CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) AL-KHAIRAT PAMEKASAN
Visi, Misi, Tujuan dan Profil Lulusan
Visi
“Mewujudkan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dan kompeten di tingkat nasional di bidang pendidikan dasar Islam pada tahun 2021”
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berwawasan Iman dan taqwa, akhlaqul karimah dan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan dasar Islam.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar Islam.
4. Menjalin kerjasama di tingkat nasional dan internasional dalam bidang pendidikan dasar Islam.
Tujuan
1. Terwujudnya ikim pembelajaran anak usia dini yang kreartif, inovatif, profesional dan Islami.
2. Terwujudnya temuan-temuan kreatif hasil penelitian di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berimplikasi luas terhadap kecerdasan anak bangsa.
3. Terwujudnya masyarakat kreatif yang sadar akan pentingnya Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan terlayaninya kebutuhan asah, asih dan asuh anak.
Profil Lulusan
Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Guru MI adalah sebagai pendidik/guru kelas MI/SD, peneliti dan pengembang bahan ajar SD/MI yang berpengetahuan luas, mendalam dan mutakhir; berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan etika Islam, keilmuan dan keahlian.
1. Pendidik/Praktisi Pendidikan; sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
2. Asisten Peneliti; sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/ madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksana kan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
3. Pengembang Bahan Ajar; sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.