Mahasiswa Prodi ESY Presentasi Artikel di Ajang Internasional

Salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Taufik Hidayat ambil bagian dan ikut serta dalam kegiatan International Annual Conference on Islamic Economic and Law (ACIEL) 2020.

Kegiatan internasional yang digagas Universutas Trunojoyo Madura, mengusung tema “Challenges and Opportunities for Developing the Halal Ecosystem Through Synergy of Islamic Financial Institutions”, diawali dengan seminar virtual dengan melibatkan tiga pemateri berbeda sebagai narasumber.

Ketiga pemateri tersebut masing-masing Prof. Dr. Ir. Sukoso, M.Sc. Ph.D (Head of The Halal Assurance Agency Minictry of Religious Affairs, Indonesia), Prof. Dr. Nurdeng Deuraseh (University Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam), serta Dr. Ayang Utriza Yakin (Universite Catholique de Louvain, Louvain-La-Neuve, Belgium).

Sementara Rektor Unijoyo Madura, Dr. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si., dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc., diplot sebagai keynote speakers dalam kegiatan yang digelar pada Selasa (15/12/2020).

Sementara Taufik Hidayat mempresentasikan paper miliknya berjudul “Growth of Halal Tourism in Pamekasan: Is It Influenced By Majelis Ulama?”, paper tersebut merupakan karya kolaborasi bersama Kaprodi ESY IAI Al-Khairat Pamekasan, Aang Kunaifi, M.EI.

“Hal ini sangat pantas untuk diapresiasi, khususnya bagi mahasiswa yang ikut serta dan ambil bagian dalam kegiatan bertaraf internasional. Apalagi juga membawa nama baik almamater di ajang internasional,” kata Aang Kunaifi, Senin (21/12/2020).

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong semangat mahasiswa agar dapat mengembangkan bakat maupun bidang keilmuan yang dimiliki. Sekaligus unjuk kebolehan pada ajang internasional. “tentunya kami merasa bangga dengan semangat yang ditunjukkan anak didik kami, apalagi ini yang kedua selama 2020. Sebab sebelumnya juga terdapat mahasiswa ESY yang berpartisipasi pada ajang internasional,” ungkapnya.

“Terlebih dalam kegiatan seminar internasional ini, Taufik Hidayat juga tampil dengan mempresentasikan artikel yang ditulis di hadapan peserta konferensi. Tentunya hal ini sangat membanggakan, sekaligus kami harapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya, khususnya di Prodi ESY,” harapnya. [adm]