Selamat Datang Mahasiswa Baru 2022

Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cukup ilmu, salah satunya melalui penerapan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadi agen kontrol dan perubahan sosial.

Hal tersebut disampaikan Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Moh. Mahfud saat membuka program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2022-2023, yang dipusatkan di Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl. Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Rabu (7/9/2022).

“Institut Agama Islam Al-Khairat Pameksan, merupakan Perguruan tinggi berbasis pesantren dan binaan pondok pesantren. Akhlaqul karimah sebagai ruh, dan aspek akademik diimplementasikan melalui prinsip kesopanan lebih tinggi nilainya dari pada kecerdasan,” kata Moh, Mahfud.

Berpangkal dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Serta melalui nilai-nilai yang sudah tertanam di pesantren dengan pendekatan berbeda.

“Inspirasi terwujudnya sebuah masyarakat akademik dengan nalar keilmuan yang mapan, tentunya harus dimulai sejak mahasiswa baru dan proses adaptasi ini di mulai dari kegiatan PBAK. Hal ini juga selaras dengan thema yang disusung, yakni Mewujudkan Budaya Akademik Berintegritas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan beberapa tujuan dari program PBAK 2022, di antaranya membantu proses sosialisasi mahasiswa baru dalam budaya akademik dan sistem yang berlaku, khususnya di internal Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan.

“Tujuan lainnya yakni mengantarkan Mahasiswa Baru untuk mengintegrasikan dan menginterkoneksikan berbagai disiplin ilmu,” imbuhnya.

Terlebih tanggungjawab besar dalam mengembangkan disiplin keilmuan yang apresiatif terhadap kondisi masyarakat, juga harus dibarengi dengan menjunjung tinggi norma-norma Islam sebagai landasan universal bagi sebuah peradaban. “Tujuan lain dari program PBAK ini, yakni mengenal sejarah kampus, lembaga-lembaga kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, model pembelajaran Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan dan lain-lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, program PBAK juga bertujuan sebagai wahana awal antar sesama mahasiswa baru untuk saling mengenal, menjalin komunikasi dan mempererat silaturahmi berdasar norma agama dan prinsip kemanusiaan.

“Penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggungjawab sosial dan akademik, sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dari itu, kami sampaikan Selamat Datang Mahasiswa Baru, bersamaan dengan ini anda sudah menjadi bagian dari keluarga besar IAI Al-Khairat Pamekasan. teriring doa semoga mendapatkan ridhoa Alllah Subhanahu wa Ta’ala dan mendapat ilmu yang manfaat,” pungkasnya. [hms/adm]