Pesan untuk Para Wisudawan

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Dr Abdul Muin mengingatkan 398 mahasiswa yang menyandang status sarjana, agar segera mengabdikan diri sekaligus menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Wisuda Sarjana XXIII yang digelar di Hotel Odaita, Jl Raya Sumenep, Buddagan, Kecamatan Pademawu, Sabtu (30/1/2021). Serta mengajak para wisudawan agar merealisasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat di bangku kuliah.

“Sebagai pimpinan di Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, kami berharap kepada seluruh wisudawan untuk selalu memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat. Serta mengamalkan ilmu yang didapat selama berada di bangku kuliah,” kata Dr Abdul Muin.

Selain itu, para wisudawan juga diingatkan agar selalu mandiri dan sukses di bidang yang ditekuni. “Selama ini kami sering mengingatkan agar kita selalu serius dalam mengembangkan potensi yang kita miliki, termasuk ketika kita mengembangkan satu bidang usaha tertentu,” ungkapnya.

“Semisal nantinya ada yang menjadi pengusaha pisang goreng, tapi dikelola secara serius. Hal itu akan lebih baik dari orang-orang yang bekerja di sebuah perusahaan yang besar dan maju sekalipun, dan kita bisa bangga dengan diri kita sendiri,” imbuhnya.

Namun tidak kalah penting, pihaknya juga mengingatkan hal lain selain bentuk pengabdian dan pengembangan potensi. Salah satunya harapan agar para wisudawan menjadi sosok terbaik dan selalu memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Tidak kalah penting kami juga harapkan agar para wisudawan harus bisa segera melebur dan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan masing-masing. Praktikkan skill dan kemampuan sesuai dengan potensi yang dimiliki,” pungkasnya.

Seperti diketahui, terdata sebanyak 398 mahasiswa dari tiga fakultas berbeda menjalani prosesi Wisuda Sarjana XXIII, mereka merupakan mahasiswa dari enam Program Studi (Prodi) berbeda di lingkungan Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

Jumlah tersebut meliputi sebanyak 130 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah (ESY), 44 mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), serta sebanyak 28 mahasiswa Prodi Perbankan Syariah (PSY).

Selain itu juga terdapat sebanyak 96 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), sebanyak 12 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), serta sebanyak 88 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Dalam pelaksanaan wisuda sarjana yang digelar di tengah pandemi Coronavirus Disiase 2019, prosesi wisuda sarjana dengan dua tahap dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Tahap pertama diikuti sebanyak 196 mahasiswa dari Falultas Tarbiyah, tahap kedua sebanyak 202 mahasiswa dari Fakultas EBIS (Ekonomi Bisnis Islam) dan Ushuluddin.

Hal tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya dengan upaya menghindari penumpukan massa dengan dibagi pada dua sesi berbeda. Bahkan penerapan protokes juga diterapkan bagi semua tamu undangan maupun para wisudawan untuk menjalani pemeriksaan sekaligus memperhatikan 3M; mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak. [adm]