ICIT 2020, Tingkatkan SDM dan Perkaya Literasi

Program International Conference on Islamic Thought (ICIT) 2020 yang digelar Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, di Aula Hotel Odaita Jl Raya Sumenep, Sabtu (18/1/2020). Diharapkan dapat meningkatkan SDM dosen maupun mahasiswa, sekaligus memperkaya aspek literasi di lingkungan perguruan tinggi.

Konferensi International yang mengusung tema ‘The Development of Islamic Thoughts on Multiple Perspectives’ yang diikuti ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, juga dihadiri sejumlah akademisi hingga praktisi dari empat negara berbeda.

Masing-masing akademisi dan tokoh tersebut di antaranya Dr Haji Hambali Bin Haji Jaili (Unissa Brunai Darussalam), Dr Mohd Shahid Bin Mohd Noh (Universitas of Malaya Malaysia), Dr Tuan Haji Toifur (Ketua Sewan Wakaf Singapura), serta Prof Hamdullah Marazzi (Hamadan Instute of Islamic Studies India).

“Program ini merupakan forum ilmiah yang mengkaji berbagai perkembangan pemikiran Islam dari berbagai perspektif (sudut pandang). Mulai dari aspek budaya, ekonomi, pendidikan hingga peradaban Islam lainnya,” kata Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin.

Selain itu, program yang membagi peserta konferensi dalam enam klaster berbeda, yakni klaster Pendidikan Islam, Manajemen Islam, Ekonomi Islam, Alquran dan Tafsir, Bimbingan dan Konseling Islam hingga Islamic Culture. Merupakan konferensi internasional pertama yang dinilai sangat memuaskan, khususnya dalam aspek antusiasme peserta hingga pelaksanaan presentasi dari masing-masing peserta.

“Program ICIT ini perdana bagi IAI Al Khairat Pamekasan, sebagai wadah untuk memperkaya literasi kampus dan SDM, utamanya dosen dan mahasiswa. Sehingga kami berharap kedepan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa, dosen maupun para peneliti untuk terus memperkaya di bidang literasi. Insya Allah tahun berikutnya kita gelar dengan kemasan berbeda dan tentunya lebih baik dari ini,” tegasnya.

Sementara Ketua Pelaksana ICIT 2020, Ach. Sayyi menilai kesuksesan program tersebut tidak lepas dari kerjasama seluruh elemen yang bahu membahu ikut serta mensukseskan program yang digagas bersamaan dengan momentum Multi Event Internasional bertajuk Pekan Ngaji 5 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata.

“Terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta mensukseskan kegiatan ini, khususnya para penitia yang bekerja ekstra keras selama persiapan program international conference. Termasuk bagi para peserta yang sangat antusias mensukseskan kegiatan ini,” jelasnya.

Selain itu, ia menilai kunci sukses pelaksanaan ICIT 2020 salah satunya merupakan kerjasama tim (teamwork) khususnya di tingkatan kepanitiaan. “Kami memiliki keyakinan, tidak mungkin kegiatan ini berjalan sukses tanpa kerja keras dari seluruh tim yang memiliki komitmen serupa untuk mensukseskan pelaksanaan program ini,” tutupnya. [adm]