Dr. Abdul Muin: Kedepankan Adab dan Etika

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Dr. Abdul Muin menekankan mahasiswa khususnya yang sudah dinyatakan lulus sebagai sarjana, agar mengedepankan adat dan etika di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana XXIV IAI Al-Khairat Pamekasan, Tahun Akademik 2020/2021 di Auditorium Hotel Front One Jl Jokotole 282 Pamekasan, Sabtu hingga Minggu (20-21/11/2021).

“Kepada seluruh mahasiswa khususnya para sarjana lulusan 2020/2021, kami harapkan nantinya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya saat sudah pulang ke rumah masing-masing. Tidak kalah penting harus selalu mengedepankan adab dan etika,” kata Dr Abdul Muin.

Selama ini pihaknya menyampaikan budaya akademik di lingkungan institusi yang dipimpinnya, yakni Charracter, Competence and Entrepreneur (CCE). Di mana brand tersebut nantinya dapat melekat kepada setiap mahasiswa di Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Dalam mempraktikkan hal itu dalam kehidupan nyata, yakni di tengah-tengah masyarakat. Tentunya harus sebuah karakter, pola komunikasi yang bagus dan menyenangkan. Sebab salah satu ciri orang sukses mereka memiliki adab dan karakter yang baik, serta selalu berpikit positif (positive thinking),” ungkapnya.

Selain itu pihaknya mendorong para sarjana lulusan 2021, agar tidak berhenti belajar sekalipun sudah menyandang status sebagai sarjana. “Sekalipun sudah lulus, jangan serta merta berhenti belajar. Tetapi harus terus mengembangkan wawasan keilmuan sesuai dengan prodi masing-masing,” imbaunya.

“Tidak kalah penting, silahkan melanjutkan ke jenjang program magister (S2). Sebab Al-Khairat selalu mendukung anda untuk berkiprah dan kembali memberikan yang terbaik bagi Al-Khairat. Sekaligus nantinya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat secara umum,” jelasnya.

Bagi para lulusan yang sudah bekerja, juga diharapkan dapat membuka peluang bagi masyarakat secara umum untuk merealisasikan nilai pengabdian masyarakat. “Bangun karaker Hablum minallah, diperkuat dengan hablum minannas, yang berdampak pada hambum minal’alam berupa kontribusi positif bagi masyarakat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Wisuda Sarjana XXIV IAI Al-Khairat Pamekasan Tahun 2021, diikuti sebanyak 339 peserta. Meliputi sebanyak 177 peserta dari Fakultas Tarbiyah, serta sebanyak 162 peserta dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) dan Ushuluddin.

Dari total sebanyak 177 peserta wisuda Fakultas Tarbiyah, masing-masing terdiri dari sebanyak sebanyak 73 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), sebanyak 70 mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), sebanyak 11 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), serta sebanyak 23 mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Sementara untuk Sedangkan total peserta wisuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS), meliputi sebanyak 90 peserta dari Prodi Ekonomi Syariah (ESY), serta sebanyak 30 peserta Prodi Perbankan Syariah (PSY). Sedangkan Fakultas Ushuluddin hanya terdiri dari sebanyak 42 peserta Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). [adm]