BKD; Upaya Tingkatkan Ghiroh Civitas Akademika

Administrasi pemenuhan Beban Kerja Dosen (BKD) di lingkungan Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjadi salah satu langkah konkrit untuk memotivasi sekaligus meningkatkan kualitas para civitas akademika untuk merealisasikan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Terlebih selama ini beragam karya dari para civitas akademika, hanya cukup diaplikasikan dalam bentuk nilai pendidikan dalam proses pembelajaran semata tanpa dipublikasikan secara serius. Sehingga kebijakan penerapan pemenuhan BKD dinilai sebagai salah satu langkah konkrit.

Hal tersebut dibuktikan dengan pembentukan Tim Asesor di lingkungan perguruan tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, yaitu melalui Surat Keputusan Rektor Nomor A/076.0190/IAI.AK/XI/2020.

SK tentang Pembentukan Tim Asesor tersebut mengacu pada SK Rektor Nomor A/076.0153/IAI.AK/X/2020 tentang Petunjuk Teknis Pemenuhan BKD di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan, yang ditanda tangani langsung oleh Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Dr Abdul Muin.

Dua SK tersebut menjadi pelecut semangat bagi seluruh civitas akademika khususnya para dosen tetap di IAI Al-Khairat Pamekasan, untuk mengarsip sekaligus melaporkan karya mereka selama satu semester terakhir. Apalagi hal tersebut juga selaras dengan upaya pembenahan bidang administrasi tingkat fakultas maupun program studi (prodi).

Bahkan seluruh civitas akademika, tidak terkecuali dosen non tetap juga sangat antusias melaksanakan pemberkasan BKD internal sebagai salah satu bentuk dukungan demi mewujudkan peningkatan kualitas tenaga kependidikan di lingkungan  IAI Al-Khairat Pamekasan.

Pelan dan pasti, seluruh civitas akademika juga dituntut untuk mengarsip sekaligus melaporkan beragam karya yang mereka miliki. Hal tersebut tidak lepas sebagai upaya untuk memicu ghiroh para dosen untuk terus meningkatkan kualitas mereka, tentunya dengan merealisasikan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bahkan untuk memicu semangat seluruh civitas akademika agar aktif dan terlibat dalam beragam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan juga mengeluarkan kebijakan berupa SK Nomor A/076.0260/IAI.AK/XII/2020 tentang Insentif Publikasi Dosen.

Dalam kebijakan tersebut, pihak institusi juga menyiapkan reeward bagi seluruh civitas akademika meningkatkan semangat mengamalkan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bahkan prestasi publis di jurnal internasional bereputasi juga bakal mendapatkan insentif sebesar Rp 2 Juta.

SK pemberian intensif tersebut merupakan revisi dari SK sebelumnya tentang hal serupa, orientasinya sebagai bentuk apresiasi dari institusi bagi seluruh civitas akademika yang mengharumkan nama IAI Al-Khairat Pamekasan di luar institusi.

Kebijakan tersebut juga selaras dengan apa yang selalu disampaikan Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Dr Abdul Muin untuk memicu motivasi seluruh civitas akademika di institusi yang dipimpinnya, agar fokus dan memiliki komitmen yang sama dalam meningkatkan dan mengaplikasikan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.