Info Kampus
Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat datang di IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa, silahkan klik pmb.alkhairat.ac.id
  • Selamat datang di IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa, silahkan klik pmb.alkhairat.ac.id
1 Februari 2023

Fakultas EBIS Terjunkan 218 Mahasiswa dalam Program PLKBI 2023

Rabu, 1 Februari 2023 Kategori : Warta Kampus

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, terjunkan sebanyak 218 mahasiswa ke sebanyak 86 titik lembaga keuangan dan bisnis di Jawa Timur.

Jumlah tersebut merupakan mahasiswa peserta program Praktikum Lembaga Keuangan Syariah dan Bisnis Islam (PLKBI) Fakultas EBIS 2023. Meliputi sebanyak 187 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi dan Bisnis Islam (ESy), serta sebanyak 31 mahasiswa lainnya Prodi Perbankan Syariah (PSy).

“Program ini merupakan pembelajaran praktik, sehingga mahasiswa dapat memahami fakta operasional lembaga keuangan dan bisnis di lokasi eksperimental learning,” kata Panitia Pelaksana PLKBI Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan, Fadali Rahman, Rabu (1/2/2023).

Melalui kegiatan yang mengusung tema ‘Implementasi Manajemen Operasional, SDM dan Pemasaran Pada Lembaga Keuangan dan Bisnis Islam’, mahasiswa juga diharuskan menjalankan program dengan seksama.

“Jadi selama praktikum, mahasiswa harus melakukan observasi, pencatatan, pendataan, diskusi dan konsultasi, serta memberikan advice serta membuat laporan komprehensif kepada penanggung jawab lembaga keuangan dan bisnis,” ungkapnya.

Beberapa tujuan dijadikan sebagai sasaran merealisasikan target program yang digelar selama sebulan kedepan, yakni hingga Selasa (28/2/2023) mendatang. Di antaranya mengetahui pola rekrutmen, pelatihan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kesenjangan teori dengan sistem operasional lembaga keuangan dan bisnis, khususnya yang ditemukan di tiap lokasi sasaran.

“Tujuan lain yang tidak kalah penting, nantinya juga diharapkan dapat terjalin komunikasi dan sinergitas antara Perguruan Tinggi dengan lembaga keuangan dan bisnis dalam penyediaan calon tenaga kerja profesional dan siap pakai,” jelasnya.

Tidak hanya itu, program tersebut nantinya juga akan ditindaklanjuti melalui laporan yang dijadikan sebagai outcome dari program wajib bagi mahasiswa Fakultas EBIS.

“Dari kegiatan ini, mahasiswa juga diwajibkan membuat laporan sebagai bentuk tanggungjawab. Meliputi laporan ke lembaga terkait sesuai dengan permintaan lembaga, artikel yang disetujui dosen pembimbing, serta publikasi jurnal ilmiah,” pungkasnya.

Program PLKBI Fakultas EBIS 2023, disebar di empat kabupaten/kota berbeda di Jawa Timur. Terdiri dari 20 kantor pusat dan 66 kantor cabang, yakni 30 titik di Pamekasan, 10 titik di Sampang, 23 titik di Sumenep, serta 2 titik di Surabaya. [hms/adm]

Arsip

sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto Sekolahtoto Sekolahtoto sekolahtoto sekolahtoto situs togel Sekolahtoto Sekolahtoto SEKOLAHTOTO Sekolahtoto