Peserta PBAK 2021 Santuni Anak Yatim

Mahasiswa baru peserta Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, memberikan santunan kepada anak yatim pada penutupan program masa orientasi pengenalan kampus, Jum’at (10/9/2021).

Santunan bagi 15 anak yatim yang digagas Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) tersebut, diberikan kepada anak yatim sebagai bentuk syukur sekaligus upaya untuk meningkatkan kesadaran berbagi khususnya bagi anak-anak yang kurang beruntung.

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya agar kita selalu bersyukur, sekaligus mengajarkan kita untuk selalu berbagi bersama anak-anak yang kurang beruntung, khususnya para yatim yang berada di sekitar kampus,” kata Presiden Mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan, Erfan Nawawi.

Selain itu pihaknya menyampaikan kegiatan santunan bagi anak yatim bersumber dari partisipasi mahasiswa baru peserta program PBAK 2021. “Santunan kepada anak yatim ini merupakan partisipasi dari adik-adik mahasiswa baru peserta PBAK Tahun 2021,” ungkapnya.

“Selain itu, sumber lainnya dari akademik dan sumbangsih dari rekan-rekan DEMA dan SEMA (Senat Mahasiswa) IAI Al-Khairat Pamekasan. Hal ini rutin kita lakukan di setiap kesempatan sebagai upaya agar kita selalu hidup dengan cara bersyukur,” jelasnya.

Sementara Ketua Steering Committee (SC) PBAK 2021 IAI Al-Khairat Pamekasan, Moh Mahfud juga mengapresiasi gagasan yang dilakukan pengurus DEMA berupa kegiatan santunan kepada anak yatim. “Kegiatan seperti ini sangat patut untuk diapresiasi, sehingga dapat menjadi motivasi untuk selalu menjadi baik kedepannya,” harapnya.

“Tidak kalah penting kami juga mengucapkan datang kepada para mahasiswa baru khususnya peserta PBAK 2021, karena pasca kegiatan ini mereka akan menjadi bagian dari keluarga besar Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, program PBAK IAI Al-Khairat Pamekasan, Tahun Akademik 2021/2022, digelar selama tiga hari. Terhitung sejak Rabu hingga Jum’at (8-10/9/2021). Di mana dalam kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Coronavirus Disease 2019 alias Covid-19.

Bahkan dalam kegiatan tersebut, proses pembukaan maupun penutupan yang dilakukan Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin juga dilakukan secara virtual alias daring. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya edukasi dan sosialisasi penerapan prokes.

Sementara program santunan dilakukan secara simbolis oleh jajaran pimpinan Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan. Termasuk perwakilan dari DEMA, SEMA dan peserta program PBAK 2021. [adm]