Pembukaan Program PBAK 2021 Digelar Virtual

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Dr. Abdul Muin secara resmi membuka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2021/2022, Rabu (8/9/2021).

Peresmian pembukaan program PBAK tersebut dilakukan secara virtual atau daring, diikuti jajaran Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas; Dekan dan Kepala Program Studi (Kaprodi), serta sejumlah panitia pelaksana dan para mahasiswa baru.

“Pertama kami sampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2021, di Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan,” kata Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Dr. Abdul Muin.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran panitia pelaksana serta pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) yang ikut serta mensukseskan pelaksanaan program PBAK 2021.

“Terima kasih kepada panitia pelaksana yang mensukseskan program PBAK 2021 yang dilakukan secara virtual di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019. Apalagi tanpa mengurangi semangat untuk mensukseskan pelaksanaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mendorong mahasiswa baru agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, khususnya dalam menerapkan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Terlebih di era disrupsi tentunya menuntut generasi muda agar menyesuaikan diri dengan kondisi global. “Di era global seperti saat ini, dibutuhkan peningkatan kompetensi diri berupa penguatan nilai-nilai karakter, profesional, serta membangun komitmen dan motivasi,” tegasnya.

“Pada era global seperti saat ini, persaingan di luar sangat ketat, segala perubahan dan dinamika sosial terjadi secara cepat. Sehingga menuntut kita semua untuk segera dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada,” sambung Pak Muin, sapaan akrab Dr. Abdul Muin.

Dari itu, melalui tema program PBAK 2021; ‘Strategi Meraih Keunggulan dalam Proses dan Output Pendidikan’, dinilai selaras dengan branding yang diusung Perguruan Tinggi yang terletak di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Peningkatan kompetensi diri menjadi suatu keniscayaan bagi kita semua, khususnya generasi muda dan mahasiswa pada khususnya untuk dapat bersaing. Nilai karakter kuat, profesionaliasme serta komitmen harus dimiliki oleh kita semua,” pungkasnya. [adm]