39 Peserta S1 Madin Ikuti Tes Baca Kitab

Sebanyak 39 peserta calon mahasiswa baru Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti proses seleksi penerimaan beasiswa program peningkatan kualifikasi sarjana (S1) Guru Pendidikan Diniyah, Sabtu (21/8/2021).

Program Strata 1 jalur beasiswa bagi para guru madrasah tersebut, merupakan program lanjutan kerjasama yang dikemas melalui penanda tanganan nota kesepakatan alias Memorandum of Understanding (MoU) dari program sebelumnya bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Alhamdulillah, kali ini kita kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru program sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui jalur beasiswa untuk Guru Madrasah Diniyah (Madin), Tahun Akademik 2021/2022,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Al-Khairat, Abdur, melalui Panitia Penerimaan MABA, Abdul Halim.

Saat ini, Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, mendapatkan jatah sebanyak 30 orang untuk program S1 Madin. “Peserta yang diterima merupakan mereka yang dinyatakan lulus tahapan seleksi sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” ungkapnya.

“Jadi tahapan seleksi ini kita laksanakan sejak beberapa bulan terakhir, peserta yang diterima dinyatakan lolos dari berbagai persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Mulai dari proses seleksi administrasi hingga tes membaca kitab oleh LPPD (Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah) Pemprov Jatim,” jelasnya.

Selain itu, para peserta yang dinyatakan lolos tentunya sudah dipastikan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Mulai dari tahap seleksi administrasi, seleksi internal oleh PTKI, serta seleksi tes baca kitab Fathul Qorib oleh tim LPPD Pemprov Jatim. [adm]