JKPI Target Terakreditasi Sinta

Jurnal Konseling Pendidikan Islam (JKPI) milik Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mematok target segera mendapat predikat Akreditasi Sinta pada 2022 mendatang.

Terlebih saat ini, JKPI juga tengah fokus untuk mengembangkan konten serta pembenahan desain website untuk jurnal dengan scope artikel pada bidang bimbingan dan konseling, psikologi pendidikan dan tentunya pendidikan secara umum.

“Alhamdulillah jurnal yang mulai terbit sejak Januari 2020, saat ini sudah menerbitkan volume ketiga. Sebentar lagi insya’ Allah kita akan menerbitkan keempat dengan kode Volume 2 Nomor 2 Edisi Juli 2021,” kata Pengelola JKPI, Ahmad Andry Budianto, Sabtu (26/6/2021).

Selain itu, JKPI secara resmi sudah mendapat pengakuan melalui indeks Google Schoolar, Moraref, Cite Factor, DOI dan Garuda Ristek Dikti. Terbaru juga mendapat pengakuan dari Directory of Research Journal Indexing alias DRJI.

“Alhamdulillah, DRJI juga secara elektronik memberikan sertifikat sebagai bukti bahwa JKPI menjadi salah satu mercusuar penelitian dari Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnsya di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan,” ungkapnya.

DRJI sendiri merupakan layanan yang membantu mencari, serta menemukan sumberdaya untuk artikel penelitian yang berpusat di Maharashtra, India. “Dengan ini, tentunya JKPI kita harapkan dapat meningkatkan kemampuan SDM untuk mencintai dunia penelitian, khususnya dosen dan mahasiswa Prodi BKPI,” harapnya.

“Sementara untuk proses akreditasi JKPI minimal Sinta 3, kita target pada 2022 mendatang. Apalagi terbitan 3 Nomor 2 Edisi Juli 2022, semua artikel JKPI akan ditranslate dalam bahasa Inggris dan diharapkan Author juga mengirim artikel berbahasa Inggris,” pungkasnya.

Untuk diketahui, JKPI merupakan salah satu jurnal yang dikelola Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI Al-Khairat Pamekasan. Selain JKPI, juga terdapat beberapa jurnal lain yang disiapkan untuk memfasilitasi para dosen maupun mahasiswa untuk menuangkan karya ilmiah dan hasil penelitian mereka.

Beberapa jurnal tersebut meliputi Jurnal Fikrotuna yang fokus di bidang Pendidikan dan Manajemen Islam, bahkan saat ini jurnal yang terbit pertama kali pada Edisi 2005 juga terakreditasi Sinta 3. InvestI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Jurnal Ngejha yang difokuskan untuk bidang pengabdian dosen, mahasiswa maupun umum. [adm]