Prodi MPI Susul BKPI Lakukan Asesmen Lapangan

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menggelar Assesmen Lapangan secara virtual untuk Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Jum’at hingga Sabtu (18-19/6/2021).

Proses tersebut dilakukan dalam rangka proses akreditasi prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Tarbiyah, khususnya di Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan. Sekaligus digelar hampir bersamaan dengan Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) beberapa hari sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Dekan Fakultas Tarbiyah, Ali Ridho, M.SI., didampingi Kaprodi MPI, Walib Abdullah, M.Pd., pimpinan Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), para dosen, serta beberapa staf lainnya.

Proses asesmen lapangan yang digelar secara virtual akibat pandemi Coronavirus Disiase 2019 tersebut, dipandu langsung oleh dua asesor dari BAN-PT, masing-masing Dr. H. Abdul Rahman, M.Ag., dari Universitas Islam Negeri Walisongo Yogyakarta, bersama Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd., dari Universitas Pendidikan Indonesia.

“Alhamdulillah pelaksanaan asesmen lapangan untuk Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAI Al-Khairat Pamekasan, yang digelar selama dua hari berjalan lancar, sekalipun proses ini dilakukan secara virtual,” kata Kaprodi MPI IAI Al-Khairat Pamekasan, Walib Abdullah, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya bersama tim akreditasi internal mempresentasikan berbagai laporan asesmen lapangan, termasuk presentasi dan pendalaman borang unit pengelola hingga pendalaman borang program studi dan unit pendukung.

Selain itu juga terdapat wawancara virtual antara tim asesmen dengan para dosen dan tenaga pendidik, termasuk wawancara dengan mahasiswa, alumni dan pengguna, serta presentasi fasilitas atau sarana dan prasarana utama dan pendukung lainnya.

“Setidaknya kami mempersiapkan sekaligus mempresentasikan beberapa poin penting kepada tim Asesor BAN-PT, tentunya digelar dengan menerapkan sistem daring selama dua hari terakhir. Terhitung sejak Jum’at hingga Sabtu kemarin,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya berharap proses asesmen lapangan yang dilakukan nantinya mendapatkan hasil terbaik sesuai harapan bersama. “Tentunya kita harapkan hasil terbaik dari proses ini, apalagi selama ini kita juga sudah mempersiapkan berbagai poin yang menjadi standar penilaian,” harapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang memberikan dukungan atas kelancaran proses asesmen lapangan BAN-PT untuk prodi yang dipimpinnya. Mulai dari unsur pimpinan atau rektorat, fakultas serta sejumlah pihak terkait lainnya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang sudah bersama-sama memberikan support bagi kami untuk melaksanakan proses ini, semoga kerjasama ini terus berlanjut dan memberikan hasil terbaik untuk IAI Al-Khairat Pamekasan, khususnya Prodi MPI,” pungkasnya. [adm]