SHU KSPPS Sibisa Al-Khairat 2020 Naik 4 Persen

Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Sibisa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Tahun 2020, mengalami peningkatan sebesar 4 persen dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Manajer Sibisa, Fadali Rahman dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) dalam rangka Tutup Buku 2020 yang digelar di Auditorium IAI Al-Khairat Pamekasan, Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Sabtu (13/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir jajaran pimpinan, di antaranya Wakil Rektor II Syaiful Arifin, para pengelola Sibisa MiniBank dari jajaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS), sejumlah pimpinan dari lintas Fakultas maupun Program Studi (Prodi), serta perwakilan Dinas Koperasi (Diskop) Pamekasan.

“RAT ini merupakan kegiatan wajib yang kita laksanakan setiap akhir tahun, tujuannya sebagai upaya mengembangkan koperasi syariah sebagai wadah kerjasama dan pemberdayaan antar pelaku usaha ekonomi. Khususnya di lingungan IAI Al-Khairat Pamekasan,” kata Manajer Sibisa, Fadali Rahman.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi demi pengembangan sektor ekonomi. “Tujuan lainnya berupa pengembangan model pemberdayaan ekonomi berskala mikro, kecil dan menengah berdasarkan asas kekuatan mandiri sebagai wujud cita-cita kemandirian ekonomi umat,” ungkapnya.

Terdapat beberapa hasil rekomendasi yang siap dilaksanakan untuk beberapa tahun kedepan. “Dalam rapat tahunan kita merekomendasikan beberapa hal penting yang harus kita laksanakan kedepan, di antaranya pembiayaan harus diasuransikan hingga kewajiban dosen tetap untuk menjadi anggota KSPPS Sibisa MiniBank,” jelasnya.

“Rekomendasi lainnya berupa dana kesehatan bagi mahasiswa, simpanan Qurban, SPK dosen tetap hingga target akhir tahun yang harus lebih baik dari tahun ini,” sambung dosen Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan yang akrab disapa Pak Fadal.

Selain itu, pihaknya mengakui kegiatan saat ini berbeda dengan sebelumnya, di mana saat ini digelar di tengah pandemi Coronavirus Disiase 2019. Namun dari aspek pendapatan, KSPPS Sebisa justru mendapatkan hasil sekalipun dengan prosentase relatif kecil.

“Kami akui, RAT kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena pada Tahun Tutup Buku 2020 digelar dalam kondisi pandemi Covid-19. Namun alhamdulillah Sisa Hasil Usaha mengalami peningkatan sebesar 4 persen dari tahun (2019) sebelumnya,” pungkasnya. [adm]