Mahasiswa EBIS Jalani Praktikum di 50 Kantor Lembaga Keuangan

Sebanyak 122 mahasiswa semester akhir di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani program Praktikum Lembaga Keuangan dan Bisnis Islam di tiga kabupaten berbeda di Madura.

Mereka merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) dan Prodi Perbankan Syariah (PSY) yang menjalani proses pembekalan di Auditorium IAI Al-Khairat Pamekasan, Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Selasa (26/1/2021).

Dalam pelaksanaan tersebut, mahasiswa nantinya bakal melaksanakan program praktikum selama sebulan kedepan. Terhitung sejak Senin hingga Ahad (1-28/2/2021) mendatang. Mereka disebar di sebanyak 50 kantor lembaga keuangan mitra di tiga kabupaten berbeda, yakni Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

“Total peserta untuk pelaksanaan praktikum tahun ini sebanyak 122 peserta dari dua prodi berbeda, mereka ditempatkan di 50 kantor lembaga keuangan berbeda yang tersebar di Pamekasan, Sampang dan Sumenep,” kata Dekan EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berharap mahasiswa dapat menambah wawasan sekaligus mendapat ilmu dari para praktisi keuangan syariah di lokasi praktikum. “Tidak kalah penting tentunya kami harapkan agar mahasiswa dapat memadukan teori yang didapat di bangku kuliah dengan praktik di lapangan,” ungkapnya.

“Dari itu kami berharap melalui proses (praktikum) ini, nantinya mahasiswa dapat memahami tugas maupun trik saat mereka melaksanakan tugas di lapangan. Sekaligus dapat menerapkan maupun memadukan dengan pemahaman teori yang didapat selama berada di bangku kuliah,” pungkasnya. [adm]