Fakultas EBIS Teken MoU Bersama Bank Jatim Syariah Sampang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Insitut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalin kerjasama dengan Bank Jatim Syariah Sampang, dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di lingkungan kampus yang terletak di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

Kerjasama tersebut dibuktikan dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak, dilakukan di sela-sela kegiatan pembekalan praktikum menjelang pelaksanaan program praktikum lembaga keuangan dan bisnis Islam di Auditorium IAI Al-Khairat Pamekasan, Selasa (26/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan Abdul Kadir bertindak sebagai pihak pertama, dan Pimpinan Cabang Pembantu Bank Jatim Syariah Sampang Harun Ar-Rosyid, selanjutnya disebut sebagai pihak kedua.

Penanda tanganan MoU tersebut, disaksikan Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Dr Abdul Muin bersama Kaprodi Ekonomi Syariah (ESY) Aang Kunaifi, Kaprodi Perbankan Syariah (PSY) Matnin, Direktur Sibisa MiniBank Fadhali Rahman, serta sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas EBIS.

“Kerjasama ini didorong dengan adanya iktikad baik dengan semangat kemitraan dan kebersamaan untuk mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan, khususnya dalam peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Dekan Fakultas EBIS, Abdul Kadir.

Pihaknya menilai kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektifikas nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta menjalani co-branding yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak. “Objek dalam kesepakatan ini di antaranya melaksanakan co-branding sesuai kesepakatan bersama,” ungkapnya.

“Ruang lingkup lainnya yaitu berupa pelaksanaan pembelajaran dan pendidikan yang efektif dalam bentuk praktikum, internship atau magang, meningkatkan bidang penelitian dan pengabdian masyarakat melalui peningkatan SDM kedua belah pihak, serta menyelanggarakan kursus, pelatihan, seminar dan lainnya,” jelasnya.

Sementara durasi kerjasama dalam kesepakatan antar kedua belah pihak, disepakati berlangsung hingga 5 (lima) tahun kedepan. “Namun yang pasti, kerjasama ini akan selalu kita evaluasi setiap tahun, serta dapat diakhiri sebelum masa berlaku habis sesuai dengan kesepakatan bersama,” imbuhnya.

“Dari itu kami berharap kerjasama ini berjalan baik dan lancar, sekaligus dapat menjadi pemicu bagi kami untuk menjalin kemitraan bersama sejumlah pihak. Orientasinya demi mendukung sekaligus meningkatkan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di IAI Al-Khairat Pamekasan,” pungkasnya. [adm]