209 Mahasiswa Tarbiyah Jalani Praktik Lapangan

Sebanyak 209 mahasiswa semester akhir di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani program Praktik Lapangan di sebanyak 24 lembaga pendidikan yang tersebar di sejumlah kecamatan berbeda di Pamekasan, Senin (25/1/2021).

Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa semester akhir yang berasal dari lima Program Studi (Prodi) berbeda, mereka nantinya bakal melaksanakan program praktik lapangan hingga sebulan kedepan, terhitung mulai hari ini hingga Kamis (25/2/2021) mendatang.

“Total peserta yang melaksanakan program praktik lapangan sebanyak 209 orang dari lima prodi berbeda, mereka secara bersamaan melaksanakan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), Praktikum Manajemen Pendidikan (PMP) dan Praktik Konseling Lapangan (PKL) di 24 lembaga pendidikan berbeda,” kata Dekan Fakultas Tarbiyah, Ali Ridho melalui Kaprodi PAI, Ach Sayyi.

Dari jumlah tersebut, total sebanyak 114 peserta melaksanakan program PPL dari tiga prodi berbeda, yakni sebanyak 76 mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), sebanyak 11 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), serta sebanyak 27 mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Sedangkan sisanya terdiri dari sebanyak 14 mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) yang melaksanakan program PKL, serta sebanyak 81 mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang melaksanakan program PMP.

“Dalam program praktik lapangan kali ini, kami menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lembaga tempat praktik lapangan. Di mana saat ini sebagian sekolah juga ada yang menerapkan sistem daring maupun luring sebagai efek dari adanya pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Tidak kalah penting, pihaknya juga mengingatkan seluruh mahasiswa agar tetap menerapkan protokol kesehatan demi mengantisipasi dan mencegah penyebaran Coronavirus Disiase 2019. “Saat pembekalan juga kami sampaikan agar mahasiswa selalu menerapkan protokol Covid, rajin cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak,” jelasnya.

“Dari itu kami berharap agar kegiatan praktik lapangan ini berjalan lancar, sekaligus dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa yang tengah menjalani program praktik lapangan. Tentunya dengan selalu menjaga nama baik almamater,” pungkasnya. [adm]