Ali Ridho Presentasikan Hasil Pengabdi di Forum Riset

Salah satu dosen Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Ali Ridho ambil bagian dan mempresentasikan hasil riset pengabdian masyarakat dalam Forum Riset yang digagas Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, di Mandhepa Agung Ronggosukowati Jl Pamong Praja Nomor 1, Kamis (3/12/2020).

Dalam kegiatan bertajuk ‘Riset untuk Rakyat’, dosen yang juga tercatat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah mempresentasikan hasil riset berjudul ‘Wedang Siwalan sebagai Destinasi Produk Baru Khas Bangkes, Kadur, Pamekasan’.

Hasil penelitian yang bersumber dari hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN), dipresentasikan secara bergantian bersama sembilan dosen maupun peneliti lain dari sejumlah Perguruan Tinggi di Kabupaten Pamekasan.

“Hasil penelitian ini merupakan salah satu karya dari mahasiswa kami yang melakukan program pengabdian masyarakat. Di mana keberadaan buah siwalan yang sangat melimpah di Desa Bangkes, Kadur, Pamekasan, dan cenderung tidak dimanfaatkan,” kata Ali Ridho.

Ia menilai keberadaan buah siwalan yang sangat melimpah di desa setempat, justru sangat potensial untuk dikembangkan jika dapat dimanfaatkan secara maksimal. “Bahkan selain dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, produk ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor ekonomi,” ungkapnya.

Berdasar data DRD Pamekasan, terdapat sebanyak 52 artikel hasil penelitian yang diterima dan diseleksi oleh Tim Asesment. Namun hanya 10 artikel hasil riset dari 10 Perguruan Tinggi yang dinyatakan layak melalui proses review artikel.

Sementara untuk total 52 artikel hasil penelitian meliputi sebanyak 12 artikel dari Universitas Islam Madura (UIM), 10 artikel dari Poltera, 7 artikel dari Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat, serta 6 artikel dari Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan.

Sedangkan 5 artikel lainnya dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, 5 artikel dari STEI Bhakti Bangsa, 2 artikel dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum, serta 1 artikel dari STIDKIS Al-Mardiyah dan 1 artikel dari STIE Madani. [adm]