Mahasiswa Presentasikan Laporan Hasil PKN XXV PAR

Mahasiswa semester akhir Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mempresentasikan laporan hasil KKN Kerja Sosial melalui program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXV Berbasis Participatory Action Research (PAR) di Auditorium Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

Presentasi laporan hasil program pengabdian tersebut digelar dalam tiga hari kedepan, terhitung sejak Senin hingga Rabu (14-16/9/2020). Dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah masa pembiasaan baru, seperti mengenakan masker.

“Presentasi ini merupakan pertanggung jawaban mahasiswa untuk melaporkan beragam program PKN yang dilakukan dalam sebulan terakhir, terhitung sejak awal Agustus hingga pekan pertama September 2020 lalu,” kata Sekretaris LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Gaffar.

Selain itu, proses presentasi juga menjadi salah satu ajang promosi khususnya bagi sejumlah desa yang dijadikan sebagai lokasi pengabdian. Salah satunya melalui melalui promosi produk potensial hasil kajian mahasiswa yang tersebar di 21 titik berbeda.

“Sebagian besar laporan hasil laporan mahasiswa berupa produk potensial di desa, sedangkan sebagian di antaranya merupakan pendampingan terhadap program potensial yang sudah ada di desa melalui gagasan desa tematik, yakni one vellage one product,” ungkapnya.

Bahkan dalam proses tersebut, mahasiswa juga menjabarkan secara detail seputar pilihan program yang dijadikan sebagai prioritas atau program unggulan. “Kami harapkan program unggulan yang dijadikan sebagai prioritas mahasiswa di lokasi PKN bisa berkesinambungan, sekaligus dapat dilanjutkan oleh masyarakat maupun pemerintah desa,” harapnya.

“Tidak kalah penting dari presentasi ini, nantinya akan dapat menjadi bahan masukan maupun rekomendasi dari peserta PKN, khususnya bagi pemerintah desa. Apalagi sebagian besar dari gali potensi desa juga bergerak melalui sektor UMKM maupun BUMDes,” pungkasnya. [adm]