Puluhan Calon MABA Jalani Seleksi Masuk Gelombang I

Puluhan calon mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti seleksi ujian masuk gelombang pertama yang digelar di kompleks perguruan tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Senin (22/6/2020).

Jumlah tersebut terdiri dari puluhan calon mahasiswa baru alias MABA yang memilih beragam program studi (prodi) pada tiga fakultas berbeda, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS), Fakultas Tarbiyah, serta Fakultas Ushuluddin.

“Untuk tes masuk gelombang pertama ini, tercatat sebanyak 92 peserta calon mahasiswa baru. Mereka mengikuti tes untuk masuk sesuai dengan prodi yang mereka pilih,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Al-Khairat Pamekasan, Abd. Wahid.

Puluhan maba tersebut mengikuti proses seleksi dengan mengisi soal dari beragam ilmu pengetahuan. Mulai dari pengetahuan agama, umum hingga soal seputar prodi pilihan masing-masing peserta. “Untuk materi tes meliputi pengetahuan agama, umum hingga bidang konsentrasi sesuai prodi,” ungkapnya.

“Selain itu, hasil tes nantinya akan diumumkan dalam sepekan kedepan. Baik calon mahasiswa yang lulus sesuai dengan konsentrasi prodi yang mereka pilih atau bahkan lulus pada prodi pilihan. Termasuk juga calon maba yang dinyatakan tidak lulus,” sambung Pak Wahid.

Dalam kesempatan tersebut, pelaksanaan tes masuk gelombang pertama juga diterapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menerqpkan physical distancing, cuci tangan hingga menggunakan masker.

“Hal itu sangat penting untuk kita lakukan, tentunya sebagai langkah antisipatif sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona. Sehingga tim satgas (Covid-19) yang sudah dibentuk juga melakukan upaya maksimal sebagai langkah antisipasi,” jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan seleksi tahap dua, dijadwalkan digelar pada Agustus 2020 mendatang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. “Untuk tes gelombang kedua dijadwalkan digelar pada beberapa bulan kedepan, insya’ Allah pekan keempat Agustus 2020,” pungkasnya. [adm]