"Ekonomi Islam di Era 4.0" Jadi Tema Kongkwo Ramadhan

“Ekonomi Islam di Era 4.0” menjadi tema Kongkow Ramadhan 1441 Hijriyah yang digelar Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, yang ditempatkan di Auditorium Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Sabtu (9/5/2020).

Dalam kegiatan yang dipandu langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir, menghadirkan dua pemateri berbeda. Masing-masing RKH Solihul Hidayat (Dewan A’wan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata) dan Ismail A Rahim (Anggota DPRD Pamekasan).

“Kongkow kali ini meruoakan yang ketiga dari kegiatan yang kita laksanakan selama Ramadhan tahun ini, sebelumnya kegiatan serupa juga kita laksanakan dengan mengusung tema berbeda,” kata Koordinator Kerjasama dan Publikasi IAI Al-Khairat Pamekasan, Mufiqur Rahman.

Kegiatan yang disiarkan live streaming tersebut, digelar sebagai upaya merealisasikan satu dari berbagai program yang digagas pada bidang yang dipimpinnya. Sekaligus memanfaatkan momentum Ramadhan dengan mengisi kegiatan produktif dan potensial.

“Seperti kita ketahui bersama, adanya pandemi Covid-19 membuat sejumlah kegiatan tersendat. Sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan kongkow ini sebagai respon positif untuk terus memberikan pencerahan di tengah pandemi Covid-19, salah satunya dengan menyajikan materi yang up to date,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat berkesinambungan, serta tidak hanya menjadi kegiatan tahunan atau sekedar mengisi waktu di tengah pandemi. “Kami akui masih banyak kekurangan yang harus kami perbaiki, namun yang pasti kami tetap komitmen untuk terus mengevaluasi dan memberikan yang terbaik,” tegasnya.

“Tidak kalah penting, kita juga akan menyajikan berbagai informasi yang up to date tanpa menghilangkan esensi dari momentum Ramadhan tahun ini. Sekaligus kita harapkan program ini dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat khususnya masyarakat kampus,” harapnya.

Seperti diketahui, pada kegiatan sebelumnya juga digelar dengan mengusung tema berbeda. Di antaranya membahas tentang pendidikan yang digelar bersamaan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional 2020, serta tema “Al-Qur’an dan Covid-19”. [adm]