Kongkow Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan menggelar kegiatan talkshow bertajuk ‘Kongkow Ramadhan’ melalui aplikasi live streaming berupa facebook dan youtube, di tengah pandemi virus corona alias Covid-19, Jum’at (8/5/2020) sore.

Kegiatan yang digagas Koordinator Kerjasama dan Publikasi IAI Al-Khairat Pamekasan, kali ini mengangkat tema “Al-Qur’an dan Covid-19” dengan menghadirkan dua pemateri berbeda, yakni Mohammad Ruslan dan praktisi Zainullah Somad yang dipandu langsung oleh Abdul Gaffar.

Dalam kongkow tersebut, pemateri yang berstatus sebagai Dosen Fakultas Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, serta praktisi sekaligus alumnus IAI Al-Khairat Pamekasan, mengupas secara singkat seputar fenomena Covid-19 sekaligus tinjauan perspektif al-Qur’an.

“Kegiatan ini merupakan kongkow Ramadhan kedua yang kami laksanakan dalam dua pekan terakhir selama Ramadhan 1441 Hijriyah, sebelumnya kami juga melaksanakan kegiatan serupa bersamaan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020 lalu,” kata Koordinator Kerjasama dan Publikasi IAI Al-Khairat, Mufiqur Rahman.

Diakuinya, kegiatan kongkow Ramadhan tersebut sengaja digelar sebagai upaya merealisasikan satu dari berbagai program yang digagasnya. Sekaligus memanfaatkan momentum Ramadhan dengan mengisi kegiatan produktif dan potensial.

“Seperti kita ketahui bersama, adanya pandemi Covid-19 membuat sejumlah kegiatan tersendat. Sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan kongkow ini sebagai respon positif untuk terus memberikan pencerahan di tengah pandemi Covid-19, salah satunya dengan menyajikan materi yang up to date,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung dan berkesinambungan, serta tidak hanya menjadi kegiatan tahunan di tengah pandemi. “Kami akui masih banyak kekurangan yang harus kami perbaiki, namun yang pasti kami tetap komitmen untuk terus mengevaluasi dan memberikan yang terbaik,” tegasnya.

“Tidak kalah penting, kita juga akan menyajikan berbagai informasi yang up to date tanpa menghilangkan esensi dari momentum Ramadhan tahun ini. Sekaligus kita harapkan program ini dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat khususnya masyarakat kampus,” harapnya.

Pada pelaksanaan Kongkow Ramadhan perdana yang bersamaan momentum Hardiknas, beberapa waktu lalu. Pihaknya juga menghadirkan tiga pemateri sekaligus dalam satu forum, masing-masing Dekan Fakultas Tarbiyah IAI Al-Khairat Pamekasan, Ali Ridho, Ismail A Rahim (DPRD Pamekasan) serta Kepala LPMI IAI Al-Khairat, Ridwan. [adm]