Mahasiswa PSY Jalani Program Studi Lapangan di Lazismu

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah (PSY) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani kegiatan studi lapangan dalam rangka mempelajari proses dunia kerja di Lembaga Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah, Lazismu, Pamekasan, Selasa (17/3/2020).

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya untuk mengenalkan mahasiswa secara langsung tentang bagaimana proses dunia kerja berlangsung. Sebab selama ini mereka sudah diperkenalkan materi tentang bisnis, ekonomi mikro hingga bisnis industri di bangku kuliah,” kata Dosen Pembina Studi Lapangan, Azis Ashari.

Selain itu, pihaknya juga akan terus berupaya memberikan pengalaman lapangan bagi mahasiswa demi mematangkan teori yang didapat di bangku kuliah. “Pada studi lapangan ini, mahasiswa diperkenalkan pada operasional perusahaan. Termasuk tahapan yang dilalui selama proses produksi hingga proses ekspor,” ungkapnya.

“Namun yang pasti, sebelum melihat secara langsung proses produksi dan operasional perusahaan lainnya. Para mahasiswa juga mendapatkan bekal dan wawasan dari Kepala Cabang Perusahaan di lokasi studi lapangan, sehingga mereka dapat melihat secara langsung proses operasional sebuah perusahaan,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap program tersebut dapat memberikan pengalaman berharga bagi anak didiknya, sekaligus dapat menambah wawasan sekaligus mengkolaborasikan konsep, teori maupun praktik seperti yang didapatkan di lapangan.

“Melalui kegiatan ini kita berharap mahasiswa nantinya dapat menambah wawasan seputar operasional sebuah perusahaan. Sehingga nantinya mereka mampu mengimplementasikan melali  konsep maupun praktik berbeda di kemudian hari,” pungkasnya.

Sebelumnya juga terdapat sebanyak 43 mahasiswa semester VI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) juga menjalani program serupa. Terdiri dari sebanyak 24 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah (ESY), serta sebanyak 19 mahasiswa Prodi PSY. Mereka menjalani studi lapangan perusahaan kkspor teri, PT Marinal Indoprima di Kopedi, Sumenep, serta Lazismu Pamekasan. [adm]