154 Mahasiswa EBIS Jalani Program Praktikum

Sebanyak 154 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani program praktikum yang disebar di 52 lembaga keuangan dan Bisnis Islam di Madura, Senin (13/1/2020).

Jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 125 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY), serta sebanyak 29 mahasiswa Prodi Perbankan Syariah (PSY). Mereka disebar ke berbagai lembaga keuangan di tiga kabupaten berbeda di Madura, yakni Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

“Kegiatan ini merupakan pelepasan mahahsiwa yang akan menjalani program praktik lapangan yang akan digelar sebulan kedepan, terhitung mulai hari ini hingga 16 Februari 2020 mendatang,” kata Dekan Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir usai kegiatan pelepasan mahasiswa praktikum.

Total mahasiswa peserta praktikum tersebut merupakan mahasiswa semester akhir di lingkungan Fakultas EBIS. “Praktikum ini merupakan program wajib bagi mahasiswa EBIS, baik bagi Prodi ESY maupun PSY khususnya mahasiswa semester akhir,” ungkapnya.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan tata kelola manajemen operasional LKS (Lembaga Keuangan Syariah), termasuk juga bagaimana nantinya mahasiswa mengenal tentang perilaku organisasi LKS di lokasi praktikum,” jelas alumnus IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Tidak kalah penting, prorgam tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan aspek kemitraan antara pihak kampus dengan sejumlah LKS di Madura, yang sebelumnya menjalin kemitraan melalui penandatanganan kesepakatan bersama. “Tentunya juga sebagai upaya membina relasi antara lembaga keuangan syariah dengan perguruan tinggi,” sambung Kadir.

“Selain itu, perguruan tinggi sebagai suplay SDI lembaga keuangan syariah, Maka perlu ada pemahaman yang utuh oleh perguruan tinggi untuk melakukan kajian kritis dan melahirkan inovasi produk hankam syariah sesuai dengan kaedah fiqih muamalah,” pungkasnya.

Sebelumnya para mahasiswa juga digembelang dengan materi pembekalan praktikum dengan menghadirkan pemateri dari berbagai LKS berbeda. Di antaranya dari BRI Syariah Pamekasan, BMT NU Sumenep, serta Pegadaian Syariah Pamekasan. [adm]