Buku Karya Dosen IAI Al-Khairat Resmi Launching

Buku ‘Manajemen Lembaga Keuangan dan Bisnis Islam’ karya Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, secara resmi diluncurkan di Auditorium Kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Rabu (8/1/2020).

Launching buku materi kuliah karya Aang Kunaifi dan Matnin tersebut, digelar bersamaan dengan penutupan Program Pembekalan Praktikum Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dan Bisnis Islam Fakultas EBIS.

Prosesi launching ditandai dengan pemberian secara simbolis dari Dekan Fakultas EBIS, Abdul Kadir kepada Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin.

“Alhamdulillah, bersamaan dengan momentum program pembekalan praktikum ini. Kami bersama rekan-rekan dosen yang lain mempersembahkan buku ini melalui gagasan launching,” kata salah satu dosen pengarang buku Manajemen Lembaga Keuangan dan Bisnis Islam, Matnin.

Buku panduan praktikum pada lembaga keuangan dan bisnis Islam, ditulis sebagai salah satu pengembangan sederhana yang dikhususkan bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS).

“Buku ini merupakan karya sederhana kami sebagai upaya untuk dijadikan sebagai pegangan bagi mahasiswa kami, khususnya mahasiswa di lingkungan Fakultas EBIS yang menaungi dua prodi berbeda, yakni Prodi ESY (Ekonomi Syariah) dan PSY (Perbankan Syariah),” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap keberadaan buku tersebut nantinya dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa, khususnya dalam memadukan konsep, teori maupun praktik seputar manajemen keuangan dan bisnis Islam.

“Harapan kami dengan diluncurkannya buku ini, yaitu semoga bermanfaat. Sekaligus dapat menjadi pegangan bagi mahasiswa kami untuk memadukan antara konsep, teori maupun praktik,” harapnya.

Sementara Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Matnin sangat mengapresiasi karya para dosen di lingkungan instansi yang dipimpinnya. Salah satunya melalui karya berupa buku berjudul Manajemen Lembaga Keuangan dan Bisnis Islam.

“Buku ini cukup sederhana, tapi sangat padat dan berisi. Meliputi materi aspek hukum dan bisnis Islam, manajemen lembaga keuangan syariah, manajemen bisnis Islam hingga panduan praktikum,” pungkasnya. [adm]