MoU Bersama PT Pagadaian, Tindak Lanjut Seminar Inklusi Keuangan Syariah

Jalinan kerjasama antara Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, dengan PT Pegadaian (Persero) Cabang setempat, sebagai tindak lanjut dari program Seminar Inklusi Keuangan Produk Jasa Keuangan Syariah, Rabu (19/12/2019) lalu.

Hal tersebut dibuktikan dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pegadaian sebagai pihak pertama melalui pimpinan, Supriyadi bersama Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin sebagai pihak kedua.

Penanda tanganan tersebut digelar di ruang meeting IAI Al-Khairat Pamekasan, Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Jum’at (27/12/2019). Disaksikan sejumlah perwakilan dari pihak pertama, serta jajaran pimpinan IAI Al-Khairat, seperti Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) beserta jajaran.

“Prinsipnya MoU ini merupakan tindak lanjut dari seminar inklusi yang kita gelar sebelumnya. Salah satu tujuannya dalam rangka penguatan literasi inklusi jasa keuangan syariah, khususnya pada Fakultas EBIS,” kata Kaprodi Perbankan Syariah (PSY) IAI Al-Khairat Pamekasan, Matnin.

Selain itu, pihaknya menyampaikan beberapa poin penting dalam kerjasama tersebut. Di antaranya tabungan logam mulia (emas), lingkate program sebagai agen dari pegadaian syariah, serta program edukasi.

“Khusus untuk program edukasi ini kami canangkan dalam bentuk mahasiswa magang, khususnya bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas EBIS, baik pada Prodi (Program Studi) ESY (Ekonomi Syariah) maupun Prodi PSY,” ungkapnya.

Sebelumnya Dekan Fakultas EBIS IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir menyampaikan kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah di sektor jasa keuangan syariah.

“Jalinan kerjasama ini tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi kami, sehingga kedepan mahasiswa kita harapkan dapat mengimplementasikan berbagai pengetahuan maupun teknik seperti yang diterapkan di PT Pegadaian,” pungkasnya. [adm]