Perdana, 30 Mahasiwa Prodi IAT Jalani Prosesi Yudisium Lulusan

Sebanyak 30 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani prosesi Yudisium Lulusan Strata 1 di Auditorium Kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Senin (23/12/2019).

Yudisium Tahun Akademik 2018-2019 tersebut, merupakan prosesi lulusan perdana bagi mahasiswa Prodi IAT di Fakultas Ushuluddin. Sekaligus susulan dari program yudisium sebelumnya yang digelar di lokasi yang sama, Sabtu (14/12/2019) lalu.

“Melalui prosesi ini, mahasiswa tingkat akhir di lingkungan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir secara resmi menyandang status sarjana dengan titel Sarjana Agama (S.Ag),” kata Dekan Fakultas Ushuluddin IAI Al-Khairat Pamekasan, Muzammil Imron.

Pihaknya berharap para peserta yudisium lulusan khusus Prodi IAT, nantinya dapat mengamalkan ilmu maupun pengetahuan yang didapat selama menjalani proses perkuliahan di kampus. Sekaligus dapat mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Dari itu kami sampaikan selamat kepada para peserta yudisium lulusan, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah. Tentunya juga kami harapkan agar bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (S2),” harapnya.

Sebelumnya Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin juga mengingatkan agar anak didiknya tetap menunjukkan semangat dan motivasi khususnya dalam menghadapi era disrupsi. Sehingga bisa melaksanakan proses pengabdian secara langsung kepada masyarakat.

“Kami harapkan agar kalian tidak cepat putus asa, namun sebisa mungkin dapat memadukan ilmu yang diperoleh di kampus di era disrupsi ini. Tidak kalah penting agar terus membawa budaya akademik seperti yang diusung IAI Al-Khairat Pamekasan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka peluang bagi para alumni untuk mengabdi di lembaga yang dipimpinnya. “Bagi yang berkenan untuk menjadi dosen, silahkan mendaftar. Tetapi harus lebih dulu lanjut S2 atau bahkan S3, sebab alumni tetap kita prioritaskan, sekalipun harus menunggu formasi,” pungkasnya.

Dengan tambahan sebanyak 30 yudisium lulusan dari Prodi IAT, tercatat sebanyak 346 mahasiswa bakal menjalani prosesi Wisuda Sarjana XXII IAI Al-Khairat Pamekasan, yang dijadwalkan digelar di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Selasa (24/12/2019) besok.

Selain 30 mahasiswa prodi IAT, juga terdapat sebanyak 316 mahasiswa dari tiga prodi berbeda. Masing-masing sebanyak 122 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah (ESY), sebanyak 117 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), serta sebanyak 77 mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). [adm]