Upaya Tingkatkan Budaya Literasi

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin menilai Diklat Pengelolaan Perpustakaan sebagai wadah dalam merealisasikan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus upaya peningkatan budaya literasi.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam opening ceremony Diklat Pengelola Perpustakaan yang digelar Perpustakaan IAI Al-Khairat Pamekasan, di Auditorium Kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Selasa (17/12/2019).

“Prinsipnya kegiatan ini merupakan wadah universitas dalam merealisasikan tri dharma perguruan tinggi, sekaligus upaya peningkatan literasi di masyarakat,” kata Abdul Muin.

Pihaknya juga mengapresiasi atas semangat yang ditunjukkan para guru maupun pustakawan yang berpartisipasi sebagai peserta diklat yang digelar institusi yang dipimpinnya. “Kegiatan seperti ini sangat positif, sekaligus dapat menunjang para peserta agar bisa profesional dan kompeten,” ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab Pamekasan, yang sudi meluangkan waktu untuk memberikan berbagai materi bagi peserta diklat. “Melalui kegiatan ini menunjukkan bahwa kita bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip memiliki komitmen yang sama, yakni upaya meningkatkan budaya literasi di masyarakat,” pungkasnya.

Diklat yang dijadwalkan digelar hingga Rabu (18/12/2019) besok, tercatat sebanyak 52 peserta delegasi dari 40 lembaga pendidikan berbeda di Bumi Gerbang Salam. Mulai dari tingkat SD hingga SMA dan sederajat.

Dalam diklat tersebut, para peserta dibimbing langsung oleh para narasumber ataupun pemateri profesional dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab Pamekasan. Mereka secara bergantian bakal mengisi 9 (sembilan) materi berbeda selama proses diklat berlangsung. [adm]