FIKROTUNA, Reakreditasi Sinta 3

Fikrotuna, Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, tetap tertahan di peringkat tiga proses reakreditasi Sinta Indonesia yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami sudah mencoba untuk menaikkan status Jurnal Fikrotuna, dari katagori Sinta 3 menuju Sinta 2. Hasilnya, reakreditasi yang kami lakukan tetap di peringkat tiga mulai Volume 9 Nomor 3 Tahun 2019,” kata Ketua Penyunting Jurnal Fikrotuna, Moh. Dannur, Jum’at (22/11/2019).

Kondisi tersebut membuat timnya tetap otimistis untuk terus berupaya meningkatkan status jurnal yang dikelolanya, apalagi hasil akreditasi yang diajukan menjadi angina segar sekaligus motivasi untuk terus melakukan berbagai perbaikan demi meningkatkan status akreditasi.

“Dengan hasil ini, kami sangat bersyukur bisa tetap bertahan di Sinta 3. Padahal sebelumnya kami sangat cemas jika nantinya justru turun dari katagori semula, apalagi dalam beberapa bulan kedepan kami berencana menggelar program international conference,” ungkapnya.

Sebelumnya Jurnal Fikrotuna mendapatkan penghargaan sebagai Jurnal Terbaik katagori Jurnal Terakreditasi Nasional Sinta 3, penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya, Masdar Hilmy dalam kegiatan Kopertais IV Award 2019, yang digelar Surabaya, Jum’at (26/4/2019) lalu.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap produk ilmiah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya. Khususnya bagi Jurnal Fiktotuna yang berisi konten ilmiah pendidikan dan manajemen Islam.

Prestasi jurnal berisi konten inovasi pendidikan dan pemikiran pendidikan Islam dalam bentuk hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian pustaka hingga pengalaman praktis. Juga tidak lepas dari kerja keras pengelola jurnal di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) di institusi yang dipimpinnya.

Jurnal Fikrotuna merupakan jurnal Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di lingkungan kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

Bahkan selain terakreditasi Sinta 3, Jurnal Fikrotuna juga tergantung dalam berbagai indeks publikasi ilmiah lainnya. Di antaranya Directory of Open Acces Journals (DOAJ), Moraref, Crossref dan lainnya. Saat ini terdapat dua jurnal lain di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan, yang tengah dalam proses pengajuan akreditasi. Masing-Masing Jurnal Investi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam alias EBIS), serta Jurnal BKPI khusus untuk jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. [adm]