407 MABA Ikuti Program PBAK 2019

Sebanyak 407 Mahasiswa Baru (MABA) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang digelar kompleks kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Sabtu (7/9/2018).

Jumlah tersebut terdiri dari MABA asal tiga fakultas berbeda, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meliputi Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) dan Perbankan Syariah (PSY). Serta Fakultas Ushuluddin dalam Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

Sementara Fakultas Tarbiyah menaungi empat prodi berbeda, masing-masing Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), serta Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

“Program ini merupakan proses untuk menjadi insan akademis dan bermutu, diawali dengan menjalani tahapan yang tidak mudah. Salah satunya melalui kegiatan PBAK,” kata Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin saat memberikan sambutan dalam pembukaan PBAK 2019.

Masa orientasi merupakan program wajib sekaligus sebagai momentum bagi MABA untuk mengenal berbagai jenis lembaga, budaya hingga program di lingkungan kampus. “Perlu kami sampaikan jika lingkungan perguruan tinggi itu berbeda dengan suasana pendidikan sebelumnya (SMA dan sederajat), sehingga PBAK menjadi salah satu program yang sangat penting untuk diketahui sejak dini,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting, melalui program ini nantinya diharapkan MABA bisa mengetahui berbagai lokasi penting yang ada di kampus. Apalagi program pendidikan khususnya proses pembelajaran di perguruan tinggi dengan sekolah sebelumnya (SMA dan sederajat) juga berbeda,” sambung Abdul Muin.

Para MABA peserta PBAK nantinya juga bakal mendapatkan sertifikat sebagai tanda mengikuti rangkaian program perdana sebelum menjalani proses perkuliahan. “Dari itu peserta harus selalu tekun dan sabar, sebab jika gagal kemungkinan besar harus mengikuti kegiatan yang sama pada tahun akademik mendatang,” jelasnya.

“Selain itu, PBAK ini nantinya bisa mempresentasikan berbagai prestasi yang pernah kita raih, termasuk berbagai organisasi maupun lembaga yang bisa dijadikan sebagai wahana berekspresi. Tidak kalah penting juga bisa lebih mengenal profil dosen di fakultas masing-masing,” pungkasnya.

Program PBAK IAI Al-Khairat Pamekasan Tahun Akademik 2019-2020, dijadwalkan digelar hingga tiga hari kedepan. Terhitung mulai hari ini hingga Senin (9/9/2019) mendatang. [adm]