Mahasiswa Presentasikan Laporan PKN 2019

Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mempresentasikan laporan hasil pengabdian dalam proses Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXIV di auditorium kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Senin hingga Selasa (19-20/8/2019).

Laporan tersebut merupakan hasil dari proses Program Mengabdi yang dilakukan mahasiswa dari tiga fakultas berbeda selama sebulan terakhir, terhitung sejak Kamis (4/7/2019) hingga Senin (5/8/2019) lalu. Mereka melaporkan hasil pengabdian yang menerapkan pendekatan Participatory Action Research (PAR).

“Presentasi laporan hasil PKN ini merupakan bentuk pertanggung jawaban mahasiswa yang sudah melaksanakan program pengabdian dalam sebulan terakhir. Laporan tersebut seputar program yang mereka lakukan di lokasi PKN, Khususnya yang berhubungan dengan program prioritas,” kata Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Gaffar.

Dalam laporan tersebut, mahasiswa wajib mempertanggung jawabkan program yang digagas dan dilaksanakan di lokasi pengabdian. “Hal ini merupakan rangkaian dari program PKN yang digagas di lingkungan kampus, dimana mahasiswa diwajibkan mempertanggung jawabkan berbagai program yang mereka laksanakan di lokasi PKN,” ungkapnya.

“Dalam presentasi tersebut, mahasiswa melaporkan program sesuai dengan kelompok masing-masing. Mereka secara bergantian memaparkan hasil program yang dilaksanakan, serta mempertanggung jawabkan pilihan program prioritas yang dilaksanakan,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap presentasi laporan tersebut menjadi motivasi sekaligus gambaran awal bagi mahasiswa untuk menghadapi tugas akhir kuliah, yakni proposal dan skripsi. “Hal ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk memulai tahapan baru dari dua nilai dalam tri dharma perguruan tinggi, yakni penelitian dan pengabdian Secara bersamaan,” imbuhnya.

“Dari itu kami berharap, hasil presentasi laporan PKN ini nantinya bisa segera ditindak lanjuti. Khususnya bagi para dosen untuk mengembangkan laporan mahasiswa, sebab tidak menutup kemungkinan berbagai laporan yang ada bisa dikembangkan menjadi penelitian maupun pengabdian,” harapnya.

Untuk diketahui, presentasi laporan PKN XXIV Berbasis PAR IAI Al-Khairat Pamekasan, digelar selama dua hari berturut-turut. Terhitung sejak Senin kemarin. Diikuti sebanyak 23 kelompok yang tersebar di empat kecamatan berbeda di Pamekasan, yakni kecamatan Kadur, Pagantenan, Palengaan dan Pasean. [adm]