Dosen Tetap Ikuti Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian

Sejumlah dosen tetap Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti klinik proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang digelar di Auditorium Kampus di Jl. Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Sabtu (3/8/2019).

Dalam kegiatan yang digagas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI Al-Khairat Pamekasan, para dosen juga didorong untuk terus meningkatkan kapasitas dan nilai tri dharma perguruan tinggi. Khususnya dalam aspek penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk terus kita galakkan bersama, terlebih program ini juga sangat berhububgan dengan program kementerian, dalam hal ini Litapdimas Kemenag Republik Indonesia,” kata Sekretaris LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Gaffar, M.Pd.I.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga berbagi pengalaman dalam sektor penelitian dan pengabdian masyarakat. Termasuk di antaranya menjelaskan program Litapdimas untuk tahun anggaran 2020. “Hal ini harusnya menjadi motivasi bagi kita semua, demi meningkatkan sektor profesionalisme sebagai dosen,” ungkapnya.

“Apalagi tugas dari seorang dosen itu tidak hanya sekedar mengajar atau aktif dalam proses pembelajaran semata, sebab mereka juga harus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai implementasi dari nilai tri dharma perguruan tinggi,” tegas calon doktor yang tengah menempuh studi di Yogyakarta.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana untuk melakukan program pelatihan ataupun klinik khusus bagi para dosen seperti yang dilakukan bagi para mahasiswa. “Program tersebut nantinya kita harapkan bisa memicu para dosen agar semakin meningkatkan dalam sektor penelitian dan pengabdian,” jelasnya.

Insya’ Allah dalam beberapa bulan kedepan, kita mulai klinik ini dengan harapan memotivasi para dosen untuk bersama-sama dan berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Apalagi aspek penelitian dan pengabdian memiliki bobot nilai yang cukup tinggi dalam penilaian akreditasi,” pungkasnya. [adm]