Info Kampus
Jumat, 29 Mar 2024
  • Selamat datang di IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa, silahkan klik pmb.alkhairat.ac.id
  • Selamat datang di IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa, silahkan klik pmb.alkhairat.ac.id
27 Juni 2019

422 Mahasiswa Jalani Pembekalan PKN

Kamis, 27 Juni 2019 Kategori : Warta Kampus

Sebanyak 422 mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti pembekalan Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXIV yang dikemas dalam Program Mahasiswa Mengabdi 2019, di Auditorium Kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Kamis (27/6/2019).

Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa yang berasal dari enam program studi (prodi) dari tiga fakultas berbeda, mereka mengikuti program pembekalan selama dua hari secara maraton, terhitung mulai Kamis hingga Jum’at (27-28/6/2019).

“Sebelum terjun ke lapangan dalam melaksanakan program pengabdian, para mahasiswa digembleng dengan berbagai materi seputar program pengabdian. Mereka mendapat bimbingan sekaligus arahan dari para pemateri,” kata Ketua Steering Committe (SC) PKN XXIV 2019, Drs. H. Abdul Wahid, M.Pd.I.

Kegiatan pembekalan tersebut memang rutin dilakukan sebelum mahasiswa dinyatakan resmi terjun ke lapangan. “Jadi pembekalan ini merupakan upaya mempersiapkan mahasiswa yang akan menjalani program pengabdian di masyarakat, yakni melalui program PKN berbasis PAR (Participatory Action Research),” sambung Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Al-Khairat Pamekasan.

“Kami berharap nantinya mahasiswa benar-benar bisa memahami secara utuh berbagai materi yang disajikan, terlebih berhubungan dengan proses pengabdian di masyarakat. Sehingga mereka nantinya bisa mengaplikasikan materi keilmuan di lokasi PKN,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga meminta agar mahasiswa dapat mengaplikasikan tiga poin yang tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi secara bersamaan tatkala sudah turun ke lapangan, yaitu aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian. “Tidak kalah penting tentunya juga harus menjaga nama baik almamater tercinta, serta bisa menjadi manfaat bagi masyarakat di lokasi PKN,” pintanya.

“Prinsipnya, program PKN ini merupakan momentum bagi mahasiswa untuk mengeksplor berbagai gagasan yang dimiliki. Tentunya tanpa harus menghilangkan tatanan dan kearifan lokal di lokasi PKN, mudah-mudahan pada tahun ini bisa kembali memberikan dampak positif, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat,” pungkasnya.

Pelaksaan program PKN XXIV Berbasis PAR 2019 IAI Al-Khairat Pamekasan, dijadwalkan akan digelar selama sebulan kedepan. Terhitung mulai Kamis (4/7/2019) hingga Senin (5/8/2019) mendatang. Para mahasiswa peserta PKN nantinya akan diterjunkan ke 23 lokasi yang tersebar di 4 kecamatan berbeda di Pamekasan, yakni kecamatan Kadur, Pagantenan, Palengaan dan Pasean.

Tidak hanya itu, para peserta PKN 2019 nantinya juga berkewajiban untuk membuat laporan pelaksanaan dalam bentuk penelitian pengabdian. Apalagi mereka nantinya juga akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) hingga Tim Monitoring dari jajaran pimpinan. [adm]

Arsip