Calon MABA Ikuti Test Masuk Gelombang I

Puluhan calon Mahasiswa Baru (MABA) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti tes masuk perguruan tinggi gelombang pertama di lingkungan kampus yang beralamat di jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Senin (24/6/2019).

Mereka terdiri terdiri dari calon MABA yang mengikuti tes masuk di delapan Program Studi (Prodi) dari tiga fakultas berbeda, yakni Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), serta Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (Fakultas Ushuluddin).

Termasuk juga calon MABA Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Seluruhnya merupakan fakultas Tarbiyah.

“Untuk pelaksanaan tes masuk gelombang pertama, tercatat sebanyak 92 calon mahasiswa baru. Mereka tersebar di delapan prodi dari tiga fakultas berbeda,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Wahid.

Dalam proses seleksi masuk di institusi yang dipimpinnya, terdapat regulasi pelaksaan tes masuk yang dibagi menjadi dua gelombang. Proses pendaftaran gelombang kedua dimulai pasca tes masuk gelombang pertama hingga masa tes gelombang kedua yang dijadwalkan digelar Ahad (25/8/2019) mendatang.

“Proses seleksi atau tes masuk dibagi dalam dua tahap (gelombang). Tahap pertama sudah rampung, selanjutnya seleksi tahap kedua sudah dibuka dan tes untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada pekan terakhir Agustus 2019 mendatang,” ungkapnya.

Memang selama ini, proses seleksi selalu lebih banyak peserta pada gelombang kedua dibandingkan peserta di gelombang pertama. Bahkan kondisi tersebut sudah berlangsung dalam rentang waktu yang relatif lama. “Seperti biasa, calon MABA disini lebih banyak ketika seleksi tahap dua. Dan sebagian besar biasanya santri,” jelasnya.

Seperti diketahui, terdapat sebanyak lima syarat untuk mendaftar sebagai calon MABA IAI Al-Khairat Pamekasan. Kelima syarat tersebut masing-masing lulusan SMA dan sederajat, mengisi formulir pendaftaran, menyertakan fotocopy STTB atau SKHU sebanyak dua lembar, foto berwarna 4×6 sebanyak 4 lembar, serta membayar biaya pendaftaran.

Sementara untuk materi tes masuk dibagi ke dalam dua poin berbeda, yakni materi general test atau pendidikan agama dan umum, serta spesific test berdasar materi sesuai dengan prodi yang ditempuh. [adm]