Prodi PAI Jalani Akreditasi Visitasi

Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani proses Visitasi Akreditasi dipimpin dua Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Jum’at (14/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Assesor BAN-PT Dr Deden Makbuloh berpesan agar seluruh civitas akademik IAI Al-Khairat Pamekasan, bersemangat dan bersinergi dalam mengembangkan kampus. “Hal paling mendasar dari proses akreditasi ini dibutuhkan komitmen dan kerjasama dari seluruh elemen kampus,” pesannya.

“Sehingga dengan komitmen tersebut, nantinya semua peraturan yang dituangkan oleh institusi bisa berjalan maksimal. Tidak kalah penting harus diimbangu dengan kinerja maksimal dari seluruh elemen pimpinan kampus,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan proses visitasi secara umum berjalan lancar. Sekalipun terdapat beberapa poin yang harus segera dibenahi dan dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepan. “Secara umum proses visitasi berjalan lancar, tentunya dengan harapan agar kedepan bisa lebih baik,” sambung pria yang akrab disapa Deden.

“Saat ini kami sudah melakukan pekerjaan kami, kami sudah selesai. Nanti kita akan rekomendasikan seperti apa yang kami lihat, kita akan sampaikan pesan ini berdasar fakta riil di lapangan dan akan kami pasrahkan kembali. Hasil paparan dari semuanya sudah tertuang disini, silahkan dikaji kembali,” tegasnya.

Sementara satu assesor lainnya, Abdul Rohman menyampaikan pentingnya aspek penelitian dan pengabdian masyarakat, agar terus ditingkatkan demi merealisasikan budaya dosen dan mahasiswa sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. “LP2M pedoman sudah ada dan harus sinergi dengan visi dan misi institusi,” jelasnya.

“Saat ini sudah masuk dalam katagori berbasis proses, tahun depan harus meningkat menjadi katagori output. Tapi yang pasti untuk menghasilkan (output) tentunya harus proses dulu,” tegas dosen Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir jajaran pimpinan di IAI Al-Khairat Pamekasan, termasuk para dosen tetap Prodi PAI, perwakilan mahasiswa, hingga jajaran perwakilan alumni yang tergabung dalam Keluarga Alumni IAI Al-Khairat atau yang akrab disebut KAUSAR. [adm]