170 Mahasiswa MPI dan PAI Jalani Program Praktik Lapangan

Sebanyak 170 mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, melaksanakan program praktik lapangan ke berbagai lembaga pendidikan yang tersebar di sejumlah sekolah negeri wilayah Bumi Gerbang Salam.

Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa yang berasal dari dua program studi (prodi) berbeda, meliputi sebanyak 96 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan sebanyak 170 mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Mahasiswa semester akhir di perguruan tinggi yang terletak di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Pamekasan, disebar di 10 lembaga pendidikan. Meliputi SMA Negeri 1, 2, 3 dan 5 Pamekasan, SMK Negeri 3 Pamekasan, SMA Muhammadiyah, MTsN Parterker, SMP Negeri Batumarmar, SMP Negeri Pasean dan SMP Negeri Waru.

“Mahasiswa yang menjalani praktik lapangan sesuai dengan prodi masing-masing, untuk mahasiswa prodi MPI jenis programnya yaitu Program Praktikum Manajemen atau PPM. Sedangkan prodi PAI programnya Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL,” kata Wakil Rektor I IAI Al-Khairat, Pamekasan, Drs. H. Abdul Wahid, M.Pd.I., Selasa (29/1/2019).

Diakuinya, para mahasiswa tersebut nantinya bakal menjalani program praktik lapangan hingga sebulan kedepan. Terhitung mulai Kamis (24/1/219) hingga akhir Februari 2019 mendatang. “Semua mahasiswa peserta praktik lapangan bakal menjalani program hingga sebulan kedepan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pelaksanaan program tersebut berlangsung sukses dan lancar, terlebih hal itu merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh mahasiswa. “Tentu kami berharap pelaksanaan ini berlangsung lancar, dengan harapan terlaksana dengan baik berdasar regulasi dan aturan yang ada,” harapnya.

“Dan tidak kalah penting, para mahasiswa merupakan duta kampus. Mereka harus selalu menjaga nama baik almamater kampus kita tercinta,” sambung pimpinan yang akrab disapa Pak Wahid.

Sebelumnya tercatat sebanyak 114 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah (ESY) IAI Al-Khairat Pamekasan, menjalani program Praktikum Lembaga Keuangan Syariah (PLKS) di 17 lokasi praktikum berbeda di Madura.

Tahapan pelaksanaan tersebut meliputi tahap pertama yang akan berakhir Kamis (31/1/2019) lusa. Sementara tahap dua digelar mulai tanggal 2 Februari sampai dengan 28 Februari 2019 mendatang.

Sedangkan 17 lokasi PLKS tersebut di antaranya BRI Syariah Cabang Pamekasan, BPRS SPM Pamekasan, BMT Sidogiri Cabang Pamekasan, KSN NURI Cabang Waru Pamekasan, hingga BMT NU yang tersebar di tiga wilayah berbeda, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. [adm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *