Sebanyak 114 mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (ESY) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, secara simbolis dilepas untuk menjalani program Praktikum Lembaga Keuangan Syariah (PLKS) di 17 lokasi berbeda di Madura, Senin (7/1/2019).

Pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Kadir di halaman rektorat di kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Pelaksanaan PLKS tahun (2019) ini diikuti sebanyak 114 mahasiswa prodi ekonomi syariah dan dibagi ke dalam dua tahap, mereka akan menjalani program ini di 17 lokasi praktikum berbeda,” kata Abdul Kadir.

Tahapan pelaksanaan tersebut meliputi tahap pertama yang akan digelar hingga Kamis (31/1/2019) mendatang. “Untuk pelaksanaan PLKS tahap pertama digelar mulai tanggal 8 hingga 31 Januari, sementara tahap dua digelar mulai tanggal 2 sampai dengan 28 Februari 2019,” ungkapnya.

“Tidak hanya itu, para mahasiswa nantinya tidak hanya menempati lokasi praktikum di wilayah Pamekasan. Tapi sebagian juga ada yang ditempatkan di wilayah Sampang dan Sumenep, semisal Camplong, Pasongsongan dan Pragaan,” jelasnya.

Dari 17 lokasi praktikum khusus mahasiswa semester 7 tersebut, di antaranya BRI Syariah Cabang Pamekasan, BPRS SPM Pamekasan, BMT Sidogiri Cabang Pamekasan, KSN NURI Cabang Waru Pamekasan, hingga BMT NU yang tersebar di tiga wilayah berbeda, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. [adm]