Mahasiswa Prodi ESY Ikuti Pembekalan KOL 2018

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti Pembekalan Kuliah Observasi Lapangan (KOL) yang digelar di auditorium kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Jum’at (30/11/2018).

Kegiatan yang mengusung tagline ‘Go to Observe, Learn More and Success’ merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa Prodi ESY, dimana para mahasiswa nantinya bakal diajak berinteraksi langsung melalui pengamatan fakta usaha di perusahaan multinasional, Senin hingga Selasa (3-4/12/2018) mendatang.

“Program ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam mengaplikasikan nilai tridharma perguruan tinggi, dimana semangat belajar di lapangan nantinya bisa menguatkan berbagai teori yang didapatkan di bangku kuliah,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Drs. H. Abdul Wahid, M.Pd.I.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berpesan kepada para mahasiswa semester lima Prodi ESY agar selalu menjaga nama baik almamater. “Sebagai tamu di perusahaan nanti wajib menjaga adab, sopan santun dan akhlak. Sekaligus menjaga nama baik almamater dan harus menunjukkan sikap akademis,” pesannya.

Sementara Kaprodi ESY, Aang Kunaifi, M.EI., mengungkapkan program KOL bertujuan untuk meningkatkan skill dan mencipyakan rasa percaya diri mahasiswa. “Salah satu tujuan program ini untuk menciptakan self confidence mahasiswa, disamping peningkatan skill dan kompetensi,” ungkapnya.

“Dengan mengamati dan berinteraksi langsung dengan perusahaan multinasional, kita harapkan mahasiswa nantinya memiliki pengalaman pasti di lingkungan kerja perusahaan. Sehingga saat lulus nanti mereka akan memiliki bekal dan rasa percaya diri, sekaligus bisa meraih sukses dalam meniti karir,” jelasnya.

Tidak hanya itu, mahasiswa yang notabene peserta KOL nantinya juga bakal dinilai sesuai dengan regulasi dan ketentuan. Meliputi kehadiran, kedisiplinan, partisipasi hingga laporan observasi. “Jika syarat tersebut dipenuhi oleh para mahasiswa, nantinya mereka bakal dipastikan lolos program KOL yang berbobot 2 SKS,” tegasnya.

“Selain itu, koordinator lapangan nantinya harus menyampaikan berbagai jenis tata tertib hingga schedule yang akan dijalani mahasiswa. Tentu saja program ini cukup padat, sehingga semangat dan antusiasme mahasiswa bakal menjadikan program ini berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya. [adm] 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *