Ini Cara Prodi PBA Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Arab

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan menggandeng Pesantren Darul Lughah wa Dirasat al-Islamiyah, guna mengasah kemampuan mahasiswa berbahasa Arab. 

Hal itu tampak terlihat saat perwakilan pengurus dan santri Pesantren Darul Lughah berkunjung sekaligus menggelar program khitobah bersama puluhan mahasiswa Prodi PBA yang dilaksanakan di Auditorium IAI Al-Khairat Pamekasan, Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Selasa (13/11/2018).

Bahkan dalam kesempatan tersebut, kedua instansi tersebut juga menjalin kerjasama dalam bentuk penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU). “Guna mengasah kemampuan mahasiswa berbahasa Arab, kita menjalin kerjasama dengan Pesantren Darul Lughah,” kata Kaprodi PBA IAI Al-Khairat Pamekasan Ach Mahfud Qodir.

“Kerjasama ini ditandai dengan kegiatan khitobah gabungan yang menampilkan kemampuan berbahasa Arab antara santri Pesantren Darul Lughah dengan mahasiswa Prodi PBA, sekaligus sebagai bentuk komitmen dan mempererat tali silaturahim antar lembaga yang sama-sama berkecimpung di bidang pengembangan bahasa Arab,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mempromosikan Prodi PBA bagi para santri yang notabene sebagai peserta kegiatan. “Dalam kesempatan itu, kami juga mempromosikan Prodi PBA, khususnya bagi para pelajar atau santri yang berniat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi,” jelas dosen alumnus Sudan.

“Tidak hanya itu, dalam nota kesepakatan juga terdapat poin tentang pengajaran dan pengabdian masyarakat. Sehingga dengan adanya MoU tersebut, Pesantren Darul Lughah juga menjadi salah satu lembaga binaan Prodi PBA,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya berharap kerjasama tersebut bisa memberikan dampak positif antara dua instansi, baik bagi pesantren Darul Lughah maupun bagi IAI Al-Khairat Pamekasan khususnya prodi PBA. “Tentu kami berharap kerjasama ini bisa mengembangkan kemampuan para santri dan mahasiswa dalam berbahasa Arab,” harapnya. [adm]

Leave a Reply

Your email address will not be published.