LP2M Teken MoU Bersama FKDP Kopertais IV Surabaya

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan menjalin kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) bersama Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV Surabaya, Minggu (29/10/2018).

Kerjasama tersebut dikemas melalui program bersama dan berkelanjutan demi meningkatkan kualitas penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah di perguruan tinggi. Serta ditandatangani dalam program Workshop FKDP di IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Tercatat sebanyak 30 perguruan tinggi di wilayah Kopertais IV Surabaya, juga menekan kesepakatan bersama FKDP Kopertais IV yang bertindak sebagai pihak pertama.

“Kerjasama ini bertujuan bahwa semua pihak bekerjasama dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas penelitian, meningkatkan kualitas di bidang pengabdian masyarakat dan meningkatkan kualitas dalam publikasi ilmiah di perguruan tinggi,” kata Ketua FKDP Dr. H. Muhsinin, M.Si.

Selain itu pihaknya menyampaikan kerjasama tersebut dilandaskan berdasar kesepakatan yang dibuat bersama demi merealisasikan tujuan yang sudah disepakati. “Nota kesepakatan ini dibuat dan dilaksanakan berdasar iktikad baik, saling percaya, sederajat dan saling menguntungkan berdasar peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

“Sementara untuk ruang lingkup kesepakatan bersama secara umum meliputi bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah dilakukan melalui kepanitiaan, kelompok kerja atau bentuk lain dalam bentuk perencanaan, implementasi dan evaluasi program yang telah disepakati bersama,” jelasnya.

Sementara Ketua LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, Samsul Arifin, M.Pd.I., menyampaikan secara spesifik seputar nota kesepakatan bersama FKDP dan perguruan tinggi terkait. “Secara spesifik kerjasama ini meliputi banyak hal, di antaranya pelatihan metodologi penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen antar perguruan tinggi,” ungkapnya.

“Selain itu juga terdapat poin penelitian, pemberdayaan dan pendampingan masyarakat lintas kampus, melaksanakan TOT sebagai penguatan kapasitas dosen di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, hingga tukar menukar karya tulis ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap kesepakatan tersebut berlangsung secara berkesinambungan, sekaligus menjadi motivasi bagi para dosen khususnya di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan, agar aktif merealisasikan unsur dalam tri dharma perguruan tinggi. “Tentu kita berharap kedepan para dosen semakin termotivasi untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, serta publikasi ilmiah,” harapnya. [adm]

Leave a Reply

Your email address will not be published.