Tiga Dosen Ikuti Workshop Penelitian PKM dan Konversi Artikel

Tiga dosen Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti Workshop Pelaporan Penelitian PKM dan Konversi Artikel yang digelar Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV Surabaya di IAI Sunan Giri Jl. Jenderal A Yani, Bojonegoro, Minggu (28/10/2018).

Ketiga dosen tersebut masing-masing Moh Dannur, M.Pd.I., Samsul Arifin, M.Pd.I., dan Zainullah, M.Pd.I. ketiganya berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar selama dua hari kedepan, terhitung mulai hari ini hingga Senin (29/10/2018) besok.

Dalam kegiatan tersebut, berbagai materi seputar pelaporan penelitian hingga konversi artikel disampaikan dua pemateri secara maraton. Di antaranya Prof. Dr. Masdar Hilmy (Koordinator Kopertais IV Surabaya) dan Dr. Mahrus (kepala Seksi Penelitian dan Pengelolaan HAKI).

Dari berbagai materi tersebut meliputi klinik proposal penelitian menjadi artikel layak publis, strategi lolos hibah penelitian dan PKM, indexing mendeley, strategi lolos ICON-UCE dan ICONIS hingga informasi program ARKAN.

“Workshop ini merupakan momentum demi memperkuat sektor penelitian di lingkungan, terlebih beberapa materi juga cukup mudah dipraktikkan yang tentunya berorientasi pada tri dharma perguruan tinggi. Khususnya sektor penelitian,” kata Ketua LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, Samsul Arifin.

Selain itu, beberapa materi yang disajikan juga sangat berpotensi untuk dipraktikkan dalam waktu singkat di lingkungan kampus yang terletak di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2. Salah satunya indexing mendeley. “Dalam beberapa bulan terakhir, kita sudah sempat mempraktikkan program zotero, hal itu juga hampir sama dengan indexing mendeley,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting, kedepan kita juga bakal sosialisasikan beberapa hal yang berhubungan dengan berbagai artikel layak publis. Sebab selama ini terdapat beberapa dosen yang sudah intens melakukan penelitian, tentunya juga bakal melibatkan mahasiswa,” jelasnya. [adm]