Statistik; Pendidikan dan Ekonomi

Statistik merupakan salah satu disiplin ilmu yang memiliki peran penting dalam kegiatan ilmiah, terutama dalam kegiatan penelitian. Tidak terkecuali di perguruan tinggi yang notabene menjadi salah satu aspek yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi selain aspek pendidikan dan pengabdian.

Sebagai disiplin ilmu, statistik banyak diajarkan bahkan dijadikan sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa pada berbagai jurusan ataupun program studi di perguruan tinggi. Statistik banyak dibutuhkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas penelitian, seperti menulis skripsi, tesis atau desertasi. Khususnya untuk mengelolah data hasil penelitian yang menggunakan metode kuantitatif.

Buku statistik yang ditulis Dr. Hadaie Efendy, S.Pd., M.KPd., bersama Drs. Abdul Muin, M.Pd., MM., dimaksudkan untuk membantu mahasiswa yang tengah mengambil mata kuliah statistik di perguruan tinggi, khususnya mahasiswa jurusan ekonomi dan pendidikan.

Tidak hanya itu, buku ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum yang berkecimpung dalam dunia penelitian guna mengetahui lebih banyak tentang penerapan statistik dalam bidang ekonomi, pendidikan hingga bidang sosial.

Bahkan dalam buku setebal 274 halaman juga mengupas seputar deskripsi singkat seputar statistik, di antaranya meliputi pengertian, fungsi, skala pengukuran, data statistik, teknis penyajian data, pengukuran tendensi sentral, pengukuran variasi hingga teori probabilitas atau teori peluang.

Termasuk juga pemaparan tentang statistik inferensial atau yang biasa disebut korelasi product moment, meliputi cara memberi interpretasi terhadap rxy dan lainnya. Serta rancangan sampling, hipotesis penelitian dan hipotesis statistik hingga pengujian hipotetis komparatif dua sampel.

Analisis varian atau Uji-F/Fisher juga dijabarkan secara detail dilengkapi dengan berbagai teknik berbeda, termasuk juga analisis regresi linear sederhana untuk menjabarkan hubungan antar dua variabel hingga model regresi dan kegunaanya.

Dijabarkan juga seputar analisis regresi linear berganda yang membahas berbagai macam poin, meliputi asumsi dalam model regresi berganda, cara estimasi koefisien regresi parsial, varian dan standard error koefisien regresi parsial hingga koefisien determinasi dan korelasi berganda.

Berbeda dengan jenis buku statistik lainnya, buku ini juga menjabarkan teknik memulai SPSS, statistik deskriptif, korelasi, regresi sederhana, regresi berganda, validitas dan reabilitas chi square hingga Uji T melalui SPSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.