549 Mahasiswa Ikuti Program PBAK 2018

Sebanyak 549 mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan mengikuti program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang digelar kompleks kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Rabu (12/9/2018). 

Jumlah tersebut meliputi mahasiswa baru yang berasal dari tiga fakultas berbeda, yakni fakultas Ekonomi Islam meliputi program studi (prodi) Ekonomi Syariah (ESY) dan Perbankan Syariah (PSY). Sedangkan Fakultas Ushuluddin meliputi prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

Sementara Fakultas Tarbiyah terbagi ke dalam empat prodi berbeda, meliputi prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

“PBAK ini merupakan program wajib bagi mahasiswa baru, dimana program ini memiliki tujuan agar mereka bisa mengenal lebih jauh tentang situasi dan kondisi kampus yang akan mereka tempati sebagai tempat menuntut ilmu,” kata Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan Abdul Muin.

Selain itu, program PBAK juga menjadi momentum bagi kampus untuk mempromosikan berbagai lembaga maupun program yang berada di lingkungan internal kampus. Termasuk juga berbagai prestasi yang diraih dalam berbagai ajang, baik secara institusi maupun mahasiswa di berbagai bidang.

“Adanya PBAK ini nantinya bisa mempresentasikan berbagai prestasi yang pernah kita raih, termasuk berbagai organisasi maupun lembaga yang bisa dijadikan sebagai wahana berekspresi. Tidak kalah penting juga bisa lebih mengenal profil dosen di fakultas masing-masing,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, para peserta PBAK nantinya juga bakal mendapatkan sertifikat sebagai tanda yang menyatakan mengikuti rangkaian program perdana sebelum menjalani proses perkuliahan. “Dari itu peserta harus selalu tekun dan sabar, sebab jika gagal kemungkinan besar harus mengikuti kegiatan yang sama pada tahun akademik mendatang,” pungkasnya.

Dalam rangkaian program PBAK yang akan digelar hingga tiga hari kedepan, Jum’at (14/9/2018) lusa. Panitia pelaksana mengusung tema grand tema ‘IAI Al-Khairat dam Tantangan di Era Global’, nantinya program tersebut akan digelar serentak di masing-masing fakultas. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published.