Sejumlah Dosen Komitmen Tingkatkan Kualitas Penelitian

Sejumlah dosen Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mengikuti program bincang santai seputar teknis penelitian di ruang meeting kompleks kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Rabu (5/9/2018).

Kegiatan yang dikemas dengan sharing yang digagas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) tersebut, digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas pendidikan dan penelitian para dosen. Khususnya dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan Abdul Gaffar diplot sebagai presentator sekaligus memberikan kesempatan kepada para dosen untuk berbagi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan proses penelitian.

“Di sela-sela padatnya jadwal kuliah yang ditempuh Pak Gaffar di program Doktoral Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kami mencoba dan berinisiatif untuk berbagi pengalaman bersama para dosen untuk terus mengembangkan kompetensi penelitian,” kata Direktur Jurnal Fikrotuna Moh Dannur.

Pihaknya mengaku sengaja menerapkan forum dengan suasa semi formal sebagai upaya memberikan ruang bagi para dosen untuk mengeksplor pengalaman di bidang penelitian. “Kebetulan presentator kita cukup handal dalam aspek penelitian, lebih-lebih saat ini ia masih menempuh studi doktoral di Yogyakarta,” ungkapnya.

“Bersamaan dengan libur kuliah, kami berinisiatif mengajak rekan-rekan dosen berkumpul sekaligus belajar bersama untuk mengembangkan kualitas penelitian. Terlebih aspek penelitian saat ini menjadi keniscayaan yang barus selalu kita kembangkan agar lebih baik,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyatakan bakal kembali mengagendakan kegiatan serupa dalam beberapa hari kedepan. Terlebih sebagian besar dosen yang berpartisipasi mengaku cukup terbantu sekaligus mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru seputar bidang penelitian.

Insya’ Allah dalam beberapa hari kedepan, kita akan kembali gelar kegiatan serupa. Sekaligus sebagai lanjutan dari program sebelumnya yang hanya membahas seputar teknis, kedepan kita masuk pada pembahasan termasuk cara membuat penelitian yang baik,” jelasnya.

Sementara salah satu dosen yang menjadi peserta program bincang santai, Zainullah mengaku terbantu dan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru seputar penelitian. “Alhamdulillah, ada ilmu baru yang bisa kita kembangkan untuk meningkatkan kualitas penelitian kedepan,” ungkapnya.

“Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan secara berkesinambungan, terlebih program seperti ini sangat membantu rekan-rekan dosen khususnya yang memiliki inisiatif dalam bidang penelitian. Kita berharap kedepan akan lebih baik lagi,” harapnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published.