184 Mahasiswa Jalani Sidang Skripsi

Sebanyak 184 mahasiswa Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, menjalani sidang skripsi yang digelar selama tiga hari secara maraton di kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Jum’at (13/7/2018).

Jumlah tersebut merupakan para mahasiswa semester akhir yang berasal dari tiga program studi (prodi) berbeda, meliputi prodi Ekonomi Syariah (ESY), Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Mereka menjalani sidang skripsi yang digelar selama tiga hari berturut-turut, terhitung sejak Kamis hingga Sabtu (12-14/7/2018) besok. “Untuk sidang skripsi ini dijadwal melalui dua gelombang berbeda, yakni gelombang pertama yang digelar tanggal 4-5 Mei 2018. Serta gelombang kedua yang digelar bulan ini,” kata Wakil Rektor I IAI Al-Khairat Pamekasan, Drs. H. Abd Wahid, M.Pd.I.

“Pada gelombang pertama, tercatat sebanyak 50 mahasiswa yang sudah mengikuti proses sidang skripsi. Mereka terdiri dari tiga prodi berbeda, yakni prodi ESY, MPI dan PAI,” sambung dosen alumnus IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang UINSA Surabaya).

Namun jumlah peserta sidang skripsi untuk gelombang kedua jauh lebih banyak dibandingkan gelombang pertama, yakni mencapai sebanyak 134 mahasiswa. “Untuk gelombang kedua tercatat sebanyak 143 mahasiswa dari tiga prodi yang melaksanakan sidang skripsi tahun tahun akademik 2017/2018,” jelasnya.

Selain itu pihaknya berharap para mahasiswa bisa mempertahankan hasil penelitian mereka di hadapan tim penguji. “Tentu kita berharap mahasiswa bisa bertanggung jawab terhadap hasil penelitian yang mereka lakukan dalam beberapa bulan terakhir,” harapnya.

“Seperti kita tahu, sidang skripsi ini merupakan salah satu poin yang menjadi tanggungjawab mahasiswa dalam melaksanakan salah satu aspek yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni aspek penelitian,” pungkasnya. [*]