Mahasiswa BKPI Santuni Anak Yatim dan Dhuafa’

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAI Al-Khairat Pamekasan menggelar santunan anak yatim dan dhuafa’ di Panti Asuhan Darul Falah Pagantenan, Pamekasan, Kamis (10/5/2018).

Kegiatan tersebut dikemas dalam Training Motivasi Belajar dan Hyponotheraphy dan diikuti puluhan peserta yang notabene siswa di Yayasan Darul Falah. Termasuk pemateri Brigpol Arif Sudianto selaku Master Hyponotheraphy dibantu Bripda Arif Lukmanul Hakim dan Bripda Zubaidul Ghozali.

Sementara pemateri Training Motivasi Belajar diisi oleh mahasiswa BKPI Sirajul Munir. “Dalam kesempatan ini, alhamdulillah kami bisa berbagi bersama anak yatim dan kaum dhuafa. Khususnya menjelang Ramadan 1439 Hijriyah,” kata Ketua HMPS BKPI Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, Erfan Nawawi.

Diakuinya kegiatan tersebut merupakan kegiatan perdana yang digelar di luar kampus dan bekerjasama dengan instansi di luar kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan. “Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan kepedulian teman-teman dalam aspek sosial, salah satunya melalui program berbagi (bersama anak yatim dan dhuafa’) ini,” ungkapnya.

“Dalam kesempatan itu, alhamdulillah kami juga bisa berbagi melalui urunan dari teman-teman mahasiswa BKPI. Dibantu juga oleh jajaran akademik, termasuk simpatisan yang disalurkan melalui donasi. Baik berupa uang atau bahkan bahan sembako,” jelasnya.

Sementara Ketua Prodi BKPI IAI Al-Khairat Pamekasan, Roro Kurnia Nofita Rahmawati mengapresiasi program yang digelar anak asuhnya. Terlebih kegiatan tersebut perdana dilakukan di luar kampus. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih adik-adik mahasiswa mau berikhtiar dan berbagi bersama anak yatim maupun dhuafa,” bebernya.

“Selain itu, kami tidak ingin kegiatan itu hanya bisa berdampak dari aspek materil semata. Tak kalah penting kami ingin memberikan santunan rohani melalui berbagai motivasi peningkatan kepercayaan diri dan semangat adik-adik di panti asuhan,” sambung dosen yang akrab disapa Ibu Roro.

Dari itu pihaknya berharap agar kedepan program sosial seperti itu bisa dilaksanakan secara reguler dan berkesinambungan. “Karena bagaimanapun sebagai mahasiswa harus mengamalkan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian dari mahasiswa BKPI,” pungkasnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published.