Satu Dosen Kembali Berpartisipasi dalam Program Klinik Artikel

Salah satu dosen STAI Al-Khairat Pamekasan Ali Ridho, M.Si., mengikuti Klinik Artikel Berbasis Pengabdian Masyarakat bersama 50 dosen dari berbagai kampus di Indonesia yang digelar di Auditorium Kopertais Wilayah IV Surabaya, Rabu (7/3/2018).

Kegiatan tersebut digelar langsung oleh Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais Wilayah IV Surabaya, melalui Tim Redaksi Engagement yang menang khusus mempublikasikan karya ilmiah pengabdian masyarakat.

“Sangat penting melakukan sinergitas antar dosen dan antar kampus dalam melakukan agenda pengabdian masyarakat, sekaligus ditulis dalam sebuah artikel hasil pengabdian kepada masyarakat. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi lainnya,” kata Ketua FKDP Kopertais IV Surabaya Muhsinin.

Selain itu pihaknya berharap agar kegiatan tersebut bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para dosen maupun kampus agar lebih meningkatkan kualitas penelitian, khususnya artikel bidang pengabdian masyarakat. “Kegiatan ini sengaja kita gelar sebagai upaya meningkatkan kualitas artikel di bidang pengabdian masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Kopertais IV Surabaya Muhammad Nuril Huda mengapresiasi program Klinik Artikel yang dugagas FKDP. Terlebih program tersebut memang menjadi program prioritas di lingkungan instansi yang dipimpinnya, khususnya pada periode 2018.

“Tentu sangat penting adanya sinergi dan multi stakeholders dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga nantinya mampu menjawab kebutuhan kabupaten/kota. Terlebih juga bisa meningkatkan kualitas artikel ilmiah para dosen maupun kampus,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan perwakilan Diktis Dr. Mahrus, M.Ag., yang juga mengapresiasi program FKDP Kopertais IV Surabaya. “Klinik ini penting sekali untuk terus dilakukan agar kualitas kontens dapat terjaga. Sebab setiap jurnal memiliki gaya berbeda, sehingga penulis harus menyesuaikan dengan gaya masing-masing jurnal,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting kunci dalam menulis harus membaca referensi sebanyak-banyaknya, sebab tulisan yang baik perlu mencantumkan referensi tulisan terbaru. Moraref ada lebih dari 800 jurnal, sehingga para penulis dimudahkan mensitasi dari berbagai jurnal yang ada. Cari terlebih dahulu jurnal berkualitas,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan pesan kepada para pengelola jurnal untuk selalu terdorong mengajukan akreditasi jurnal ilmiah. “Tata kelola dan substansi sangat penting, dan reviewer harus minimal tiga perguruan tinggi agar jurnal bisa bermanfaat. Kalau ada dari luar negeri dan itu lebih baik, Kopertais harus ada jurnal yang didampingi secara serius. Baik tulisan dan tata kelolanya hingga dapat didorong untuk akreditasi,” pungkasnya.

Saat ini STAI Al-Khairat Pamekasan baru memiliki satu jurnal, yakni Jurnal Fikrotuna yang lebih konsent pada bidang Pendidikan Islam dan Manajemen Islam. Bahkan saat ini jurnal yang menggunakan server Kopertais IV Surabaya, juga sudah tercatat dan terdaftar dalam indeks DOAJ.

Tidak hanya itu, jajaran pengelola jurnal juga tengah menyiapkan untuk kembali menerbitkan jurnal katagori ekonomi. Meliputi bidang Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah yang nantinya akan melibatkan program studi (prodi) ekonomi syariah. [*]